Aceh Singkil belum Cairkan Dana Desa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Singkil belum Cairkan Dana Desa

Foto Aceh Singkil belum Cairkan Dana Desa

SINGKIL – Sebanyak 116 desa di Kabupaten Aceh Singkil belum mencairkan dana desa tahun anggaran 2016. Kondisi ini terjadi akibat belum ada desa yang merampungkan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Bahkan ada desa yang belum selesai membuat laporan pertanggungjawaban dana desa tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Aceh Singkil Nazri, Senin (13/6) membenarkan hingga memasuki pekan kedua Juni, belum satu pun desa di Aceh Singkil yang mencairkan dana desa lantaran penyusunan APBDes sebagai syarat mengajukan pencairan belum selesai.

“Belum ada desa yang melakukan pencairan dana desa, penyebabnya karena APBDes-nya belum selesai, malah ada yang belum selesai membuat pertanggungjawaban tahun sebelumnya,” kata Nazri.

Menurut Nazri di antara 116 desa baru sekitar 26 desa yang telah menyelesaikan APBDes. Namun desa-desa tersebut belum bisa melakukan pencairan karena berkasnya masih dalam proses di Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Keuangan Daerah (DPKKD).

“Sebanyak 14 desa berkasnya sudah masuk di DPKKD, ini ada menyusul masuk 12 lagi. Jadi total sudah ada 26 desa yang selesai menyusun APBDes,” jelas Nazri. Ia menyebutkan, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada aparat desa agar dapat menyelesaikan APBDes dan membuat laporan pertanggungjawaban dengan cermat dan tepat waktu. Hanya saja akibat terbatasnya sumber daya belum berjalan maksimal.

Oleh karena, katanya, itu BPM dalam tahun ini akan melakukan pelatihan kepada aparat desa. “Agar tidak terjadi permasalahan, tahun ini kami akan melakukan pelatihan kepada aparat desa,” kata Nazri.

Dana desa di Kabupaten Aceh Singkil tahun anggaran 2016 mencapai Rp 119,9 miliar lebih. Masing-masing berasal dari APBN Rp 70,9 miliar lebih dan sumber APBK Rp 48,6 miliar. Desa yang mendapat alokasi dana desa terbesar dari APBN yaitu Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah Rp 671,3 juta disusul Bulu Sema, Suro Rp 670,3 juta dan Teluk Rumbia, Singkil Rp 650 juta. Sedangkan Desa yang mendapatkan dana desa terbesar dari APBK masing-masing, Tanah Bara Rp 792 juta, Bulu Sema Rp 774,1 juta dan Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah Rp 678,2 juta.(de) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id