Matikan Peralatan Sebelum Keluar Rumah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Matikan Peralatan Sebelum Keluar Rumah

Foto Matikan Peralatan Sebelum Keluar Rumah

* Untuk Mencegah Kebakaran

TAKENGON – Warga diimbau untuk mematikan peralatan yang mengunakan listrik sebelum keluar rumah. Termasuk yang mudah terbakar, seperti kompor dan peralatan lainnya. Ini perlu dilakukan untuk mencegah kebakaran akibat meninggalkan rumah untuk berbagai keperluan, termasuk menunaikan shalat tarawih di masjid.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah, Jauhari kepada Serambi, Minggu (12/6) mengatakan, imbau ini agar masyarakat lebih waspada sehingga potensi kebakaran bisa dicegah sedini mungkin. Apalagi, di bulan puasa banyak masyarakat pergi beribadah shalat tarawih ke masjid dan rumah ditinggal dalam keadaan kosong. “Jadi sebelum keluar rumah, pastikan lagi peralatan yang menggunakan listrik dimatikan. Apalagi yang mudah terbakar, termasuk kompor,” imbau Jauhari.

Sebelumnya musibah kebakaran terjadi di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (11/6) dini hari. Kebakaran terjadi di dua kampung, dalam selang waktu yang tidak lama. Akibatnya sekitar tiga rumah warga di daerah dingin itu, hangus dilahap si jago merah. Lokasi kebakaran berada di Dusun Buntul Juli, Kampung Asir Asir Atas, Kecamatan Lut Tawar, dan di Kampung Mongal, Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam proses pemadaman api yang telah menghanguskan deretan ruko milik Yusmar Sari di Kampung Mongal, Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan. Petugas pemadam kebakaran menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran. Kerja keras yang melibatkan berbagai pihak akhirnya api bisa dengan cepat bisa dipadamkan. Sedangkan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Sementara kerugian diperkirakan mencapai angka puluhan juta rupiah.

Begitu juga sebelumnya kejadian kebakaran di Jalan SMA 12, Dusun Buntul Juli, Kampung Asir Asir Atas, Kecamatan Lut Tawar. Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi kejadian. Api yang membakar rumah milik Arun, berhasil dipadamkan dalam waktu yang tidak lama. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian diperkirakan mencapai belasan juta rupiah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran di Kampung Mongal, Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, di Dusun Buntul Juli, Kampung Asir Asir Atas, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten setempat. Bantuan masa panik dan logistik, diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM, Sabtu (11/6).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Tengah, Jauhari mengatakan, paskakejadian kebakaran, pihaknya langsung menyalurkan bantuan masa panik serta logistik kepada para korban musibah kebakaran di dua kampung. “Kemarin, bantuan langsung diserahkan oleh bapak bupati kepada para korban,” kata Jauhari.

Disebutkan, mengingat kejadian kebakaran di bulan suci Ramadhan, sehingga pihaknya langsung melakukan penanganan terhadap korban kebakaran. Caranya dengan menyerahkan bantuan logistik dan dana masa panik. “Karena bulan puasa, jadi harus segera kita serahkan bantuan. Kejadian kebakaran malam, paginya bantuan langsung kita antar,” ujarnya.(my) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id