Bupati Galus Salurkan Raskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Galus Salurkan Raskin

Foto Bupati Galus Salurkan Raskin

* Untuk Januari-Mei 2016

BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues (Galus) Ibnu Hasim secara resmi menyalurkan beras miskin (raskin) gratis kepada masyarakat kurang mampu di halaman Kantor Camat Blangpegayon, Kamis (9/6) pagi. Raskin itu ternyata untuk lima bulan, periode Januari sampai Mei 2016 seusai Pemkab Galus mentalangi seluruh biaya.

Pada peluncuran turut dihadiri unsur Muspida Plus dan para kepala SKPK, serta warga miskin selaku penerima manfaat dari raskin itu. Beras jatah lima bulan itu telah menumpuk di Gudang Bulog Sentang, Blangkejeren, menunggu ditebus oleh Pemkab Galus.

Bupati Ibnu Hasim dalam sambutannya mengatakan kendala penyaluran raskin akibat data penerima tidak valid, sehingga perlu diverifikasi kembali. “Saat ini sudah ada kartu baru untuk penerima yang diberinama Raskintis atau raskin gratis, karena seluruh biaya ditanggung,” jelas Ibnu Hasim.

Ibnu Hasim menegaskan tim verifikasi telah bekerja keras dengan melibatkan semua pihak terkait, sehingga penyaluran dapat tepat sasaran. Dia mengungkapkan penyaluran raskin gratis tahun ini merupakan yang terbaik, karena seluruh data didata ulang, sehingga benar-benar warga kurang mampu.

Dia mengaku banyak bantuan dari pemerintah yang disalurkan terkesan belum tepat sasaran, tetapi hal itu tidak boleh terulang lagi. Dia meminta instansi terkait bekerja keras untuk melakukan pendataan ulang terhadap penerima bantuan yang bersumber dari pemerintah.

“Kecamatan Blangpegayon merupakan yang pertama mampu menyelesaikan pendataan penerimaan raskin yang valid dan ini tentunya membutuhkan kerja keras dari unsur Muspika, sehingga pantas dicontoh dan diberikan penghargaan,” puji Ibnu Hasim.

Ibnu Hasim menjelaskan selama ini pemerintah pusat mensubsidi raskin agar masyarakat terbantu. Namun pemkab harus mengambilalih dengan memberi subsidi penuh melalui dana daerah, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menebus raskin tersebut seperti sebelumnya.

“Berbagai bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat harus digunakan dengan baik, sebaliknya instansi terkait dilarang gunakan dana bantuan untuk kepentingan pribadi dan memperkaya diri,” tegas Bupati Galus, seraya menambahkan bantuan jangan menjadi malapetaka kepada intansi pemerintah.

Seperti dilansir sebelumnya, reras miskin (raskin) untuk warga tidak mampu di seluruh Kabupaten Gayo Lues (Galus) digratiskan. Pemerintah Kabupaten Galus akan menanggung seluruh biaya, mulai dari harga tebus sampai pengangkutan ke kantor desa dari gudang Bulog yang terletak di Sentang, Kecamatan Blangkejeren.

Sebelum disalurkan, Pemkab Galus meminta data penerima manfaat raskin dari seluruh penghulu atau kepala desa, sehingga tepat sasaran. Saat ini, ratusan ton raskin untuk jatah lima bulan dari Januari sampai Mei 2016 masih menumpuk di gudang Bulog, sehingga dikhawatirkan berkutu dan membusuk saat disalurkan kepada masyarakat, seperti temuan salah seorang anggota DPRA pekan lalu.

Bupati Galus Ibnu Hasim, kepada Serambi, Rabu (11/5/2016) mengatakan seluruh raskin jatah lima bulan yang masih menumpuk di gudang Buloq akan ditebus dalam waktu dekat ini. Dia menegaskan pihaknya telah mengalokasikan biaya tebus hingga pengangkutan ke masing-masing desa, sehingga warga tidak perlu lagi membayar tebusan, seperti sebelumnya.(c40) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id