MPU Abdya: Puasa Mulai Besok | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

MPU Abdya: Puasa Mulai Besok

Foto MPU Abdya: Puasa Mulai Besok

BLANGPIDIE – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memutuskan 1 Ramadhan 1437 Hijriah bukan pada hari ini, Senin (6/6), seperti sudah diputuskan Pemerintah Pusat dalam sidang isbat kemarin, melainkan besok, Selasa (7/6).

Ketua MPU Abdya, Tgk M Dahlan, menyampaikan keputusan tersebut kepada Serambi seusai menggelar rapat dengan para ulama, Dinas Syariat Islam Abdya, Minggu (5/6) malam, di Masjid Jamik Blangpidie.

“Setelah kita lihat sejumlah titik, seperti di Sawang dan sejumlah titik lainnya, hasilnya tidak nampak bulan, sehingga kita memutuskan 1 Ramadhan hari Selasa (besok-red),” ujar Ketua MPU Abdya, Tgk M Dahlan.

Menurut Tgk M Dahlan, dengan adanya keputusan tersebut, pihaknya telah menyampaikan ke sejumlah pengurus masjid, sehingga pelaksanaan shalat tarawih di Abdya mulai nanti malam, Senin (6/6). “Pak bupati menyerahkan secara penuh apa keputusan dari ulama, tentang penetapan 1 Ramadhan ini,” ujarnya.

Informasi dihimpun Serambi, setelah keluarnya keputusan tersebut, sejumlah Masjid di sembilan kecamatan di Abdya menunda shalat tarawih yang awalnya dijadwalkan, Minggu (5/6) malam. “Iya, batal kita melaksanakan tarawih malam ini (kemarin-red), karena MPU dan para ulama memutuskan 1 Ramadhan hari Selasa,” ujar Kasman.

Namun, sejumlah masjid di Kecamatan Blangpidie, Kecamatan Susoh dan sejumlah kecamatan lainnya tetap melaksanakan shalat tarawih tadi malam sesuai keputusan pemerintah pusat.

Sementara itu, sejumlah warga di Aceh Barat juga menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah besok, Selasa (7/6). Namun sebagian besar lainnya di kabupaten itu Minggu (5/6) tadi malam sudah shalat tarawih dan akan mulai puasa pertama hari ini, Senin (6/6).

Informasi diperoleh Serambi, kemarin malam, tim yang melihat hilal untuk menentukan awal Ramadhan dari Pemkab Aceh Barat di Pantai Suak Gedeubang, Samatiga ternyata tidak melihat bulan. Namun terhadap hal ini dikembalikan kepada masing-masing pihak, tetapi secara pemerintah sudah diumumkan oleh Menteri Agama bahwa awal Ramadhan jatuh, Senin (6/6).

Sejumlah masjid yang belum melaksanakan ibadah terawih Minggu malam di antaranya Masjid Babussalam dan sejumlah masjid lainnya tersebar di Kecamatan Meureubo dan Kaway XVI. Namun masjid lainnya pada Minggu malam sudah mulai tarawih, termasuk di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Tim perukyat dari Badan Hisap dan Rukyat Aceh Barat, Ustad Kamil didampingi Kadis Syariat Islam Aceh Barat, H Mursalin ditanyai tadi malam mengatakan, titik ditentukan di Aceh Barat untuk melihat hilal belum terlihat. Demikian juga secara umum Aceh belum terlihat karena ketebalan awan. Namun secara nasional sudah diumumkan Menteri Agama bahwa 1 Ramadhan jatuh Senin (6/6).

Menurut Kamil, informasi terbaru bahwa di Sumatera sudah terlihat hilal. “Memang ada sejumlah masyarakat malam ini belum menjalan terawih karena alasan belum terlihat hilal. Harapan kita perbedaan awal Ramadhan ini tidak ada persoalan,” kata Ustad Kamil.

Anggota MPU Aceh Barat, Tgk Khairul Azhar ditanyai terpisah tadi malam juga mengakui bahwa sejumlah masjid belum menjalankan ibadah terawih dan menentukan awal puasa pada Selasa (7/6). Namun sebagian besar warga Aceh Barat awal Ramadhan pada Senin (6/6). (c50/riz) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id