Ulee Lheue-Sabang Kembali Terganggu | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ulee Lheue-Sabang Kembali Terganggu

Foto Ulee Lheue-Sabang Kembali Terganggu

BANDA ACEH – Pelayaran dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju ke Kota Sabang, Senin kemarin kembali terganggu. Cuaca buruk yang melanda sore hari membuat Kapal Cepat KM Express Cantika 89 gagal berlayar. Sesuai jadwal, seharusnya kapal itu berangkat pukul 16.00 WIB.

Syahbandar Pelabuhan Ulee Lheue, Rusyadi kepada Serambi kemarin mengatakan, bahwa dengan mempertimbangkan resiko akibat gelombang tinggi, kapten kapal cepar itu memutuskan tidak berlayar menuju Sabang. Sedangkan pelayaran dengan kapal feri KMP BRR dan KMP Tanjung Burang tetap berlayar normal sesuai jadwal regular.

“Sebelumnya kapal cepat KM Express Bahari yang berangkat 09.00 WIB tidak ada hambatan karena gelombang masih normal,” ujar Rusyadi.

Ia mengatakan, karena kapal cepat yang terbuat dari bahan fiber, sehingga kapten kapal sangat mempertimbangkan keberangkatan jika cuaca sedang buruk. Rusyadi mengatakan, info dari BMKG gelombang laut setinggi 1,5 hingga 2,5 meter. Namun biasanya kenyataan di lapangan malah gelombang sering lebih tinggi dari perkiraan.

Sejak lima hari terakhir, cuaca di perairan Sabang memang tidak menentu, sehingga beberapa kali pelayaran tertunda. Bahkan pada, Jumat (26/2) aktivitas Pelabuhan Ule Lheu dan Balohan berhenti total, karena tidak ada aktivitas pelayaran.

Kepala UPTD Pelabuhan Ule Lheue, Misdaryanto mengatakan, walaupun ada kapal yang gagal berangkat, tidak ada penumpukan penumpang di pelabuhan. Sebab mereka dapat berangkat dengan kapal lambat.(mun) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id