Tim SAR Aceh Latihan Gabungan di Belawan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim SAR Aceh Latihan Gabungan di Belawan

Foto Tim SAR Aceh Latihan Gabungan di Belawan

aceh.Uri.co.id, MEDAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar latihan gabungan search and rescue di Pelabuhan Ujung Baru Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut), 1-2 Juni 2016.

Latihan gabungan tersebut diikuti ratusan anggota SAR Medan, Aceh, dan Pekanbaru. Khusus dari Aceh, melibatkan empat anggota organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) sebagai bantuan komunikasi.

“Menindaklanjuti surat dari Kakan SAR Banda Aceh, RAPI Aceh mengerahkan empat personelnya dalam latihan gabungan tersebut,” kata Ketua RAPI Aceh, Nasir Nurdin (JZ01BNN) kepada aceh.Uri.co.id.

Kepala Basarnas Marskal Madya TNI FHB Soelistyo‎ ketika membuka latihan gabungan itu mengatakan, peran SAR penting dalam penanganan bencana. Sebab bencana alam dan cuaca ekstrem di Indonesia sulit diprediksi.

Menurutnya, dengan adanya latihan akan mempermudah proses operasi penanganan bencana. Selain itu juga meningkatkan daya koordinasi.

Latihan gabungan berlangsung di tengah laut dengan skenario menyelamatkan penumpang dan awak kapal yang tenggelam.
Kegiatan itu melibatkan berbagai pelengkapan termasuk dua helikopter milik Badan SAR Nasional, tiga kapal besar, dan sejumlah rubber boat.

Ketua RAPI Aceh mengucapkan terima kasih kepada Kakan SAR Banda Aceh dan jajarannya yang telah melibatkan relawan RAPI dalam latihan gabungan itu.

“Semoga relawan RAPI bisa menjadi potensi SAR yang semakin handal,” kata Nasir.

Empat relawan RAPI Aceh yang diikutkan dalam latihan SAR gabungan tersebut masing-masing Agus Gunawan (JZ01LAW) dari Aceh Besar, M Birrul Walidin (JZ01FAA) dari Bireuen, Rangga Purwanto (JZ01MRG) dari Sabang, dan Syahrullah (JZ01QQS) dari Aceh Jaya.

“Alhamdulillah, semua tahapan berjalan sesuai rencana,” kata Capt Supriadi selaku kapten Kapal SAR ‘KN Kresna’ yang memberangkan tim Aceh dengan kapal SAR tersebut pada Jumat malam, 27 Mei 2016 dari pangkalannya di Ulee Lheue, Banda Aceh. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id