Sebaiknya Diberi Tahu ke Kandidat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sebaiknya Diberi Tahu ke Kandidat

Foto Sebaiknya Diberi Tahu ke Kandidat

SALAH seorang kandidat calon Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang juga ikut mendaftar dalam survei beberapa partai politik (parpol) beberapa waktu lalu, tak mempermasalahkan jika hasil survei tak dipublis atau diumumkan. Namun, kata Irwandi, sebaiknya parpol yang telah melakukan survei memberi tahu hasilnya kepada para kandidat yang telah ikut dalan survei bursa calon Gubernur Aceh.

“Kalau tidak diumumkan ya tidak apa-apa, karena itu hak mereka (parpol), tapi hasil survei itu harus diketahui oleh para kandidat, artinya mereka harus memberi tahu hasil survei kepada semua kandidat yang telah mendaftar untuk disurvei. Harus fair dong permainannya, kalau kita tidak dibaeri tahu hasilnya, ya berarti kita bisa menilai sendiri tentang survei ini,” kata Irwandi Yusuf saat diwawancarai Serambi, Senin (30/5).

Irwandi menyebutkan, pemberitahuan hasil survei kepada para kandidat dianggap penting, karena itu akan menjadi tolak ukur apakah parpol itu jujur, terbuka atau tidak. Selanjutnya, kata mantan Gubernur Aceh itu, jika nanti tidak diberitahu kepada kandidat lalu parpol dimaksud langsung menetapkan calon yang akan diusung, ini akan menimbulkan multitafsir terhadap survei yang dilakukan.

“Jangan sampai nama-nama kandidat yang telah ikut mendaftar untuk disurvei dijadikan untuk kepentingan partai itu sendiri. Saya rasa ini kewajiban mereka untuk memberi tahu hasil survei itu kepada semua kandidat, kalau dipublis untuk umum itu ya terserah mereka,” sebut Irwandi.

Hingga kemarin, Irwandi belum mau menyebutkan jalur apa yang akan digunakannya untuk maju sebagai calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 nanti. “Belum, belum saya putuskan jalur apa untuk maju, tapi siap kedua-duanya,” sebut Irwandi. Ia juga menyebutkan, saat ini ada perkembangan terbaru tentang pencalonan dirinya sebgai cagub Aceh. Namun ketika ditanya apa perkembangan baru itu, Irwandi belum mau memberi tahu kepada Serambi. “Pokoknya ada perkembangan baru lah, nanti akan saya kasih tahu kalau sudah waktunya,” pungkas Irwandi Yusuf.

Kandidat calon Gubernur Aceh lainnya, Tarmizi A Karim yang juga ikut dalam survei sejumlah parpol juga tak mempermasalahkan jika internal setiap parpol tak mempublikasikan hasil akhir survei. Bahkan, Tarmizi tak mempermasalahkan juga jika parpol tak memberi tahu hasil survei kepada semua kandidat yang telah disurvei selama ini.

“Itu kan hak setiap parpol, mereka punya mekanisme sendiri dan kita taat pada mekanisme partai. Saya kemarin ikut survei hampir semua parpol, NasDem, PAN, Demokrat, dan beberapa lainnya. Jika mereka tak mengumumkan ya sudah, karena setiap parpol ini punya mekanisme sendiri,” kata Tarmizi saat diwawancarai Serambi, kemarin.

Diakui Tarmizi, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan partai yang melakukan survei, lantaran dirinya telah memutuskan untuk maju dengan partai. Tapi kata Tarmizi, ia bersama tim tidak punya hak untuk mempengaruhi internal partai. “Selama ini saya intens berkomunikasi dengan sejumlah partai nasional, jadi sekarang kita tunggu saja bagaimana hasil dan keputusannya. Tapi jika hasilnya tidak diumumkan ya tidak apa-apa, tidak ada masalah bagi saya,” sebut Tarmizi.

Ia menyebutkan, semua partai lebih tahu tentang elektabilitas dan kapabilitas setiap kandidat yang telah mendeklarasikan diri untuk maju. Artinya, partai punya sikap dan cara yang profesional memilih kandidat untuk diusung. “Mereka punya cara sendiri dan saya rasa banyak aspek yang akan menjadi perhitungan mereka dalam menentukan siapa kandidat yang akan diusung nantinya. Jadi soal hasil survei itu urusan parpol, mereka punya mekanisme sendiri untuk itu,” demikian Tarmizi Karim. (dan) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id