Jangan Remehkan Ceska | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jangan Remehkan Ceska

Foto Jangan Remehkan Ceska

DRAWING putaran final Piala Eropa Desember 2015 memunculkan Grup D sebagai salah satu persaingan alot. Boleh jadi, ini merupakan grup maut selama bergulir Euro edisi ke-15 di Prancis nanti. Sang juara bertahan, Spanyol, Turki, Kroasia, dan Republik Ceska harus tampil habis-habisan untuk merebut dua tiket ke babak kedua.

Lalu, bagaimana peluang Ceska? Jujur saja, kekuatan berimbang dari keempat konsestan menjadikan sulit untuk memprediksi siapa maju ke putaran kedua. Karena itulah, taktik jitu masing-masing juru latih akan membuat siapa yang terbaik menjadi wakil dari grup ini.

Pun begitu, seharusnya, besutan Pavel Vrba bisa lolos dengan mudah untuk mendampingi Spanyol. Národní tym (National Side) julukan tim Ceska memang pantas untuk lolos. Kecuali kekuatan merata, Republik Ceska juga memiliki sejarah dan prestasi gemilang dalam pementasan Euro.

Penampilan pertama mereka di pesta Benua Biru dimulai sejak Tahun 1994. Ya, sebagaimana diketahui, pada 1 Januari 1993, Cekoslowakia pecah menjadi dua negara yakni Republik Ceska, dan Slowakia. Boleh jadi, konflik internal berkepanjangan dalam negara menyebabkannya.

Ceska tak butuh waktu lama untuk mensejajarkan diri sebagai negara sepakbola dengan yang lain, baik di Eropa atau dunia.

Euro 1996 di Inggris, Republik Ceska sukses membuat kejutan seusai melangkah ke partai puncak. Prestasi mentereng kala itu tak lepas dari apiknya penampilan para bintang seperti Pavel Nedved, Patrick Berger, hingga si kereta api cepat, Karel Poborsky. Kala itu, tim ini dilatih Dusan Uhrin.

Nasib buruk harus dialami Pavel Nedved dkk di partai puncak. Dalam duel di Stadion Wembley, London, Ceska terpaksa menyerah 1-2 lawan Jerman. Gol emas melalui tandukan mantan striker Udinese, serta AC Milan, Olivier Bierhoff pada menit 95 sudah cukup memupuskan Ceska ke tangga juara. Mereka harus puas duduk manis sebagai runner-up.

Torehan manis juga mereka catat di Euro 2004 Portugal. Skuad Ceska melaju ke babak semifinal setelah keluar sebagai juara grup. Dalam duel di perempatfinal, mereka tak terbendung usai memukul dinamit

Denmark. Sialnya, langkah Ceska terhenti di semifinal saat bertemu Yunani, 0-1, dalam perpanjang waktu. Dengan demikian, hingga saat ini, Ceska menjadi satu-satunya negara yang kalah di Eropa akibat golden goal, dan silver goal.

Di Euro 2012 lalu, mereka juga menghasilkan prestasi gemilang saat bertahan hingga babak perempatifinal. Tapi, pertualangan Petr Cech dkk di Ukraina dan Polandia akhirnya berakhir. Gol semata wayang pemain termahal dunia saat transfer dari Manchseter United menuju Real Madrid, Cristiano Ronaldo menghentikan laju mereka. Gol CR7 pada menit 79 sudah cukup untuk memulangkan Ceska.

Di ajang Piala Eropa 2000, Ceska tidak lolos penyisihan di Grup D. Bergabung bersama Belanda, Prancis, dan Denmark, mereka ini kalah bersaing. Belanda dan Prancis menjadi wakil grup itu. Nasib serupa kembali terjadi kala kembali gagal lolos dari penyisihan Grup E di Euro 2008.

Sejarah panjang dimiliki mereka. Seperti diketahui, sebelum pecah, Cekoslowakia salah satu raksasa sepakbola Eropa. Pada Piala Eropa 1976 di Kota Beograd, Yugoslavia, tim Cekoslowakia tampil sebagai juara usai mengalahkan juara bertahan, Jerman Barat, lewat drama adu penalti, 5-3 (2-2). Kini, Republik Ceska berambisi untuk bisa menapak kaki di final seperti tahun 1976 dan 1996.

Skuad Narodak–julukan Republik Ceska–terbang ke Prancis bermodal sebagai juara Grup A ketika kualifikasi Piala Eropa. Tomas Rosicky dkk sukses membuat Belanda gagal lolos. Pada pertandingan terakhir kualifikasi grup di Stadion Amsterdam Arena, pada 15 Oktober 2015, Robin van Persie dkk menyerah kalah dari Ceska, 2-3.

So pasti, hasil memuaskan di kualifikasi memperlihatkan jika Ceska pantas diperhitungkan. Dari 10 partai dilakoni, Milan Skoda hanya dua kali mengalami kekalahan ketika melawan Islandia 2-1, dan tim Turki 0-2 di Kota Praha. Selebihnya, mereka menang tujuh kali, dan satu kali imbang.

Menghadapi persaingan di Euro 2016, mereka dipastikan tidak pernah kekurangan dengan pemain terbaik. Apalagi, pasukan Pavel Vrba juga diperkuat bintang yang berwara-wiri di Liga Eropa seperti Petr Cech dan Tomas Rosicky. Kedua pemain ini akan didukung penuh pemain yang berasal dari kompetisi domestik.(imran thayeb) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id