Angin Terjang Singkil, Lhokseumawe, dan Aceh Jaya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Angin Terjang Singkil, Lhokseumawe, dan Aceh Jaya

Foto Angin Terjang Singkil, Lhokseumawe, dan Aceh Jaya

* Pohon Tumbang di Geurutee

SINGKIL – Angin kencang disertai hujan deras menerjang wilayah Aceh Singkil, Aceh Jaya, Kota Lhokseumawe, Minggu (29/5) siang. Kondisi ini menyebabkan banyak pohon yang tumbang. Namun, sejauh ini tak ada korban jiwa maupun korban cedera dalam peristiwa itu.

Di Aceh Singkil, angin yang bergemuruh hebat mampu menggetarkan rumah warga. Lalu turun hujan deras yang arahnya berubah-ubah sesuai dengan tiupan angin. Sesekali angin berputar, ditandai dengan ikut berputarnya sampah ke udara membentuk lingkaran, seperti terjadi dalam bencana angin puting beliung.

“Angin disertai hujan tiba-tiba saja kencang, sehingga rumah pun bergetar,” kata Anton, warga perumahan Pondok Bambu, Singkil Utara menjawab Serambi kemarin.

Selain di daratan, cuaca buruk juga menerjang perairan Aceh Singkil, sehingga memicu terciptanya ombak tingga yang mengempas ke bibir pantai.

Boat nelayan yang sudah siap-siap berlayar pun memilih tetap bertahan di dermaga ketika mengetahui cuaca tiba-tiba tak bersahabat. “Saya tadi sudah siap-siap berangkat ke Pulau Banyak, tapi badai sangat besar, sehingga batal,” kata Azwar, nakhoda speedboat.

Terpisah, Manager Operasional PT ASDP Indonesia Cabang Singkil, Damin Moningka, menyatakan, sejauh ini cuaca belum mengganggu pelayaran dari Pelabuhan Singkil. Meski demikian, pihaknya terus memantau perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Kami terus pantau cuaca. Jika tidak memungkinkan, maka kapal tidak akan diberangkatkan,” kata Damin melalui telepon selulernya. Hingga berita ini diturunkan tadi malam, belum ada informasi tentang musibah akibat embusan angin kencang maupun ombak besar di Aceh Singki. Sementara itu, angin disertai hujan rintik masih terus berlangsung, namun tak lagi sederas sebelumnya.

Dari Lamno, Aceh Jaya, dilaporkan bahwa angin kencang disertai hujan deras terjadi di Aceh Jaya, Minggu (29/5) menjelang siang di kawasan Aceh Jaya. Peristiwa itu tak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa, namun di lintas jalan Gunung Geurutee ada pohon yang tumbang.

“Tumbangnya pohon di lintas Gunung Geurutee tidak menyebabkan pengguna jalan terhenti atau macet, sebab ruas jalan tempat pohon itu tumbang masih bisa dilalui,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Aceh Jaya, Amren Sayuna, kepada Serambi di Calang, Aceh Jaya, Minggu (29/5).

Menurutnya, pada hari itu juga kayu yang tumbang ke badan jalan langsung dibersihkan para warga setempat, sehingga arus lalu lintas tidak terganggu.

“Pada musim hujan dan angin kencang seperti sekarang ini sering menyebabkan pohon tumbang ke badan jalan, misalnya, di kawasan Glee U, Kecamatan Indra Jaya. Sedangkan di kawasan Gunung Geurutee, selain bebatuan di tebing jalan luruh (longsor), juga ada pohon yang tumbang,” kata Amren Sayuna.

Angin kencang disertai hujan deras juga menumbangkan sebatang pohon cemara di Jalan Merdeka Barat, Kota Lhokseumawe, Minggu (29/5). Akibatnya, ratusan mobil yang melintasi jalan itu macet panjang sekitar pukul 16.30 WIB kemarin.

Sementara itu, di lokasi tumbangnyaa pohon tampak petugas dan warga memindahkan pohon itu dengan memotongnya menggunakan chainsaw (gergaji mesin). Sejak beberapa hari ini cuaca ekstrem terus melanda Kota Lhokseumawe dan kota lainnya di Aceh. (c45/de/zak) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id