Aceh Besar Juara Umum | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Besar Juara Umum

Foto Aceh Besar Juara Umum

LANGSA – Kontingen Aceh Besar sukses meraih gelar juara umum Pekan Olahraga Daerah (Popda) XIV Aceh setelah merebut 12 emas, 7 perak, serta 16 perunggu. Pesta dua tahunan itu ditutup Wakil Wali Kota Langsa, H Marzuki Hamid di Stadion Langsa, kemarin.

Bagi Aceh Besar, keberhasilan ini mengulang prestasi mereka ketika menjuarai Popda Tahun 2012 di Tapaktuan, Aceh Selatan. Sementara posisi kedua kontingan tuan rumah dengan raihan 9 emas, 13 perak, dan 14 perunggu. Posisi ketiga Banda Aceh dengan 8 emas, 4 perak, dan 7 perunggu.

Kemudian untuk posisi keempat Kota Sabang usai mengumpulkan 7 emas, 8 perak, dan 7 perunggu. Posisi kelima adalah Pidie dengan 6 emas, 4 perak, dan 8 perunggu. Nasib buruk dialami juara bertahan Popda 2014, Lhokseumawe yang hanya mampu finish di urutan kesembilan. Di mana mereka mengoleksi 5 emas, 2 perak, dan 11 perunggu.

Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid mewakili Gubernur Aceh saat menutup Popda mengucapkan selamat, terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia provinsi, lokal, para wasit, juri, dan perangkat pertandingan yang telah bekerja supaya Popda bisa berjalan lancar.

“Kami tahu masih banyak kekurangan dan kelemahan di sana sini, baik itu akomodasi, komsumsi, layanan informasi, layanan air bersih, dan sanitasi selama Popda. Karena itu selaku pimpinan Langsa sekaligus atas nama penitia bersama, kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak,” katanya.

Pelaksanaan Popda, lanjut Marzuki, telah menjadi ajang silaturahmi antar atlet, official, perangkat pertandingan maupun juga panitia. Silaturrahmi ini sangat penting karena menjadi pondasi yang kuat bagi pembangunan perdamaian di Aceh.

“Sesuai amanah Gubernur saat pembukaan, pelaksanaan Popda kali ini diharapkan mampu menjaring dan melahirkan atlet-atlet pelajar yang andal dan mampu berprestasi tingkat Popwil, Popnas, maupun dalam even olahraga tingkat international,” kata Wakil Wali Kota Langsa.

Kepada Kontingen Aceh Besar yang teah berhasil menjadi juara umum dan membawa pulang piala bergilir, lanjut Marzuki Hamid, pihaknya mengucapkan selamat. Semoga prestasi diraih menambah motivasi dan komitmen pemerintah muntuk melakukan pembinaan olahraga khususnya pelajar. “Bagi daerah yang belum berhasil menjadi juara umum, mari sama-sama berusaha lebih giat agar prestasi itu bisa kita raih,” pungkasnya.

Kadispora Aceh, Asnawi MPd kepada Serambi petang kemarin mengakui, Aceh Timur, Kota Sabang, Aceh Barat Daya, dan Aceh Tengah, secara resmi telah mengajukan diri menjadi tuan rumah Popda XV pada 2018.

Itu terungkap dalam rapat yang diselenggarakan Bapopsi Aceh, pada Jumat (27/5) malam di ruang rapat Disporabudpar Langsa.

Rapat itu juga dihadiri para Ketua Bapopsi kabupaten/kota dengan agenda pemilihan calon tuan rumah Popda. Selanjutnya, nanti akan dilakukan verifikasi kelayakan terhadap calon tuan rumah Popda XV oleh pihak Bapopsi Aceh. “Hasil verifikasi akan diserahkan kepada Gubernur untuk ditentukan siapa yang berhak menjadi tuan rumah,” kata Asnawi yang juga Ketua Umum Bapopsi Aceh.

Dalam kesempatan itu, Asnawi menjelaskan, Popda Aceh ini digelar sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar nasional. Mereka nantinya akan disiapkan menuju Popwil di Provinsi Riau pada September 2016 mendatang, dan Popnas XIII Tahun 2017 di Semarang, Jawa Tengah.(zb) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id