Sepekan, Lima Rumah Dilalap Api | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sepekan, Lima Rumah Dilalap Api

  • Reporter:
  • Selasa, Maret 1, 2016
Foto Sepekan, Lima Rumah Dilalap Api

* Warga Minta Pemkab Sediakan Mesin Pompa

SINGKIL – Dalam dua pekan terakhir lima rumah dan satu kantor kepala desa yang terbakar di Aceh Singkil. Peristiwa terbaru terjadi, Senin (29/2) sekitar pukul 02.00 WIB menimpa rumah milik Upik (65), janda di Desa Pea Bumbung, Kecamatan Singkil. Seluruh harta benda korban turut dilalap si jago merah.

Pada malam nahas itu ia sedang berada di rumah anaknya di perumahan perkebunan Nafasindo. Sebelumnya kebakaran beruntun juga menghanguskan dua unit rumah milik warga Takal Pasir, satu rumah warga Danau Pinang, Danau Paris dan satu rumah penduduk Cingkam, Gunung Meriah serta kantor kepala desa setempat.

Maraknya kebakaran rumah membuat warga khawatir apalagi kemarau semakin meningkat. Kemudian kebakaran juga tidak hanya menghanguskan rumah, tetapi lahan perkebunan sawit warga. Malahan asap dari kebakaran lahan terus mengepul walau sudah disiram air petugas pemadam kebakaran. Mencegah terus maraknya kebakaran rumah dan lahan, warga mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil menyediakan mesin pompa air di setiap desa. Sehingga apabila terjadi kebakaran dapat langsung dipadamkan masyarakat sebelum datang mobil pemadam.

“Kami meminta Pemerintah menyediakan mesin pompa air di setiap desa, agar saat terjadi kebakaran masyarakat bisa langsung menyemprotnya,” kata Mansur warga Pea Bumbung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil Sulaiman mengatakan, tahun ini akan diupayakan pembelian mesin pompa air lengkap dengan selangnya. Akan tetapi tidak untuk dibagikan setiap desa. “Kalau dibagikan masing-masing desa tidak akan cukup,” kata Sulaiman melalui sambungan telepon.

Menurutnya mesin penyedot air tetap di bagian pemadam kebakaran yang ada di intansi tersebut untuk digunakan di lokasi kebakaran yang tidak bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran.(de) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id