Darjo: Pendidikan Aceh Harus Maju | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Darjo: Pendidikan Aceh Harus Maju

Foto Darjo: Pendidikan Aceh Harus Maju

BIREUEN – Sebanyak 300 guru SD/MI/SMP/MTs dan SMA/MA/SMK mengikuti seminar pendidikan yang digelar Dinas Pendidikan (Dsidik) Aceh dalam rangkaian peringatan Hardiknas 2016, Sabtu (28/5), di Aula Lama Setdakab Bireuen. Kadisdik Aceh Drs Hasanudin Darjo MM menyatakan pihaknya terus berupaya memajukan pendidikan di Aceh.

“Kita tidak ingin perubahannya seperti tanam salak, tiga atau empat tahun kemudian baru dapat memetik hasilnya. Tapi kemajuan pendidikan harus secara instan. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah menguatkan kapasitas para guru melalui seminar-seminar pendidikan,” kata Darjo.

Pada pelaksanaan seminar bertema “Kita tingkatkan generasi emas melalui pendidikan yang berintegritas”, Kadisdik Aceh berharap agar seluruh sekolah di Aceh memanfaatkan alat peraga dan berbagai sarana lainnya untuk kemajuan pendidikan. “Buku yang dibeli mahal-mahal harus dibaca, jangan jadi museum dan dibaca hantu dan jin,” kata Darjo.

Pelaksanaan pameran dan seminar pendidikan di Bireuen, kata Darjo, merupakan arahan Gubernur Aceh yang bertujuan memperkenalkan daerah dan juga akan berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat setempat.

Sementara salah seorang pemateri seminar pendidikan di Bireuen, Haris Rahmat Pratama BA MA (dosen President University Jakarta), mengupas peran perguruan tinggi bagi dunia pendidikan nasional. Putra kelahiran Banda Aceh 1990 itu mengatakan, saat ini seluruh dunia berlomba menjadi lebih kompetitif demi terciptanya sumber daya manusia yang handal.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pendidikan harus berorientasi terhadap kebutuhan lapangan kerja, pendidikan kemandirian dan kewirausahaan, serta perluasan kesempatan kerja di sektor pemerintahan dan dunia usaha. Berbagai pihak harus berpikir untuk melakukan berbagai langkah demi memajukan pendidikan.

Sebelumnya, pemateri lainnya seperti Ir H Nazaruddin MM (Bupati Aceh Tengah), Saifullah SAg (guru SMAN unggul Sigli), Muzammil ST (alumni SMAN 10 Fajar Harapan dan alumni ITB), dan Marjohan Usman SPd MPd (guru prestasi nasional 2012), juga membahas ragam pandangan, inovasi serta gagasan untuk kemajuan pendidikan di era globalisasi.(yus) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id