Lampuan Minta Pemko Cegah Kenakalan Anak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lampuan Minta Pemko Cegah Kenakalan Anak

Foto Lampuan Minta Pemko Cegah Kenakalan Anak

SUBULUSSALAM – Lembaga Advokasi Perempuan dan Anak (Lampuan) meminta Pemko Subulussalam proaktif mencegah kenakalan dan kejahatan yang melibatkan anak. “Pemerintah nggak boleh mengabaikan masalah ini, harus ada langkah nyata mencegahnya,” kata Direktur Eksekutif Lampuan Kota Subulussalam Nobuala Halawa kepada Serambi, Jumat (27/5).

Menurutnya kasus yang melibatkan anak semakin melonjak tahun ini. Data empat bulan terakhir sudah ada 30 kasus anak yang ditangani Lampuan Subulussalam. Kasus paling dominan berupa pencabulan atau penyimpangan seks dan tindak pidana pencurian. Di antara kasus tersebut sekitar sepuluh kasus justru melibatkan anak usia 5-13 tahun.

Pada tahun ini Lampuan menangani sedikitnya lima kasus pencabulan yakni dua di Kecamatan Simpang Kiri dan tiga di Kecamatan Penanggalan. Menurut Nobuala kasus pencabulan di Kecamatan Penanggalan dilakukan tetanga terhadap anak usia 12 dan 14 tahun. Sementara di Simpang Kiri menimpa anak usia lima tahun.

Nobuala mengusulkan perlu aturan jam kunjungan anak ke warnet misalnya sampai pukul 21.00 WIB. Sebab kebiasaan anak bermain internet membuat mereka mengetahui dan bebas mengakses situs-situs porno. “Kondisi ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur,” ujarnya.(lid) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id