Rutan Jantho Panen Jagung 8 Ton | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rutan Jantho Panen Jagung 8 Ton

Foto Rutan Jantho Panen Jagung 8 Ton

SERAMBINEWS.CON, JANTHO – Jagung manis yang dibudidayakan seluas 2 hektare (ha) hampir tiga bulan lalu di areal perkebunan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Jantho, Aceh Besar, Jumat (27/5/2016) dipanen dengan hasil mencapai 8 ton.

“Ini panen perdana, karena baru tahun ini lahan tidur di kompleks rutan kami garap dan tanami jagung,” ujar Kepala Rutan Jantho, Drs Said Mahdar SH, kepada aceh.Uri.co.id via telepon, Jumat malam.

Menurutnya, pemanfaatan lahan tidur itu merupakan ide dari pegawai Rutan Jantho, khususnya Ferri Irawan dan para warga binaan. “Berkat kerja keras dan kebersamaan kita semua serta dukungan dari warga setempat dan Pemkab Aceh Besar, lahan ini dapat menghasilkan 8 ton jagung,” ujarnya.

Menurut Said Mahdar, jagung tersebut dipanen dalam usia 70 hari. “Seharusnya dalam usia 75 hari. Tapi karena sedang musim badai, sehingga banyak pohon jagung yang tumbang, maka kita panen lebih awal,” ucapnya.

Panen raya itu turut dihadir Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Kepala Staf Perpustakaan Pusat, pegawai Rutan Jantho, dan para warga binaan yang sejak awal ikut dalam proses penanaman.

Jagung 8 ton itu, menurutnya, akan dijual. Hasilnya akan dibagi untuk pegawai rutan dan warga binaan yang terlibat dalam penanaman dan perawatan. Setelah panen raya ini, kata Said, lahan seluas 2 ha itu rencananya akan ditanami lagi kembali dengan jenis jagung yang sama, yakni jagung manis.

“Lahan tidur yang sudah lama terbengkalai ini akan terus kita manfaatkan sebagai lahan produktif,” ujarnya.

Zubir, salah satu warga binaan Rutan Jantho, mengaku bangga dengan pembinaan yang diberikan pihak Rutan Jantho. “Kami merasa hidup kembali karena terus dibimbing untuk berkebun dan pembinaan kerohanian yang berjalan dengan baik,” katanya.

Pustaka terbaik
Sehari sebelumnya, Kamis (26/5/2016), Rutan Jantho dikunjungi Staf Bidang Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Pusat, Trilastiti Suryaningtiyas, karena Perpustakaan Rutan Jantho merupakan perpustakaan terbaik untuk tingkat UPT Pemasyarakatan se-Aceh tahun 2016.

Atas prestasi itu, Rutan Jantho mendapat 5.000 buku bacaan, dua rak buku, dan empat meja baca dari Perpustakaan RI. “Dalam waktu dekat akan sampai ke Rutan Jantho,” kata Trilastiti sebagaimana dikutip Kepala Rutan Jantho, Said Mahdar. (*) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id