UIN Terima 4.300 Calon Mahasiswa Baru | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UIN Terima 4.300 Calon Mahasiswa Baru

Foto UIN Terima 4.300 Calon Mahasiswa Baru

* Seleksi Masuk Mulai 9 Maret

BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh mulai menerima calon mahasiswa baru tahun akademik 2016-2017. Tahun ini, kampus yang juga memiliki 15 prodi umum ini akan menampung 4.300 calon mahasiswa baru.

Jumlah tersebut jauh lebih kecil ketimbang tahun sebelumnya, di mana UIN menampung sebanyak 5.000 mahasiswa. “Tahun ini kita memang pangkas jumlah mahasiswa yang akan kita tampung. Ini kita sesuaikan dengan daya tampung asrama mahasiswa,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA kepada Serambi, Senin (29/2).

Ia mengatakan, mahasiswa baru wajib mengikuti program ma’had selama enam bulan untuk mendapat bimbingan bahasa Arab, Inggris, dan kemampuan membaca Alquran serta penguatan karakter sebagai mahasiswa UIN.

“Karena terbatas daya tampung asrama, maka kita membagi mahasiswa dalam dua gelombang yang mengikuti program ma’had dan menetap di asrama. Mahasiswa yang tak ikut ma’had tidak mendapat layanan akademik,” ujarnya.

Sebanyak 4.300 calon mahasiswa itu, kata Farid Wajdi akan tersebar di 43 prodi pada sembilan fakultas yang ada saat ini, termasuk di dalamnya empat fakultas baru sejak kampus ini berubah status menjadi universitas.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr Muhibbuththabary MAg mengatakan, sebanyak 4.300 calon mahasiswa itu, akan disaring melalui empat jalur tahapan seleksi, yakni melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKAIN) atau jalur undangan nasional, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal.

Muhibbuththabary mengatakan, empat tahap jalur masuk tersebut wajib diketahui oleh para calon mahasiswaUIN Ar-Raniry agar bisa memilih salah satu di antara keempat jalur tersebut. (Lihat Jadwal Daftar Masuk UIN).

Ia menambahkan, calon mahasiswa yang akan memilih prodi umum pada empat fakultas baru diarahkan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di mana akan ada panitia lokal bersama antara Unsyiah dan UIN Ar-Raniry. Pendaftaran pada jalur ini akan dibuka mulai 25 April-20 Mei 2016.

“Prinsipnya kita arahkan para calon mahasiswa, jika memilih prodi umum maka bisa masuk melalui tes SBMPTN bersama-sama calon mahasiswa yang masuk ke Unsyiah,” katanya. UIN Ar-Raniry sendiri akan mengelola pendaftaran pada semua prodi di jalur lokal sebagai jalur terakhir bagi calon mahasiswa yang akan masuk di universitas ini. “Semua informasi teknis pendaftaran ke UIN bisa dilihat di situs ar-raniry.ac.id dan mulai 1 Maret kita akan sosialisasikan ke seluruh Aceh untuk diketahui para calon mahasiswa,” pungkasnya.(ari) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id