Tangkapan Berkurang, Harga Ikan Naik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tangkapan Berkurang, Harga Ikan Naik

Foto Tangkapan Berkurang, Harga Ikan Naik

BANDA ACEH – Dalam empat hari terakhir, seiring dengan memburuknya cuaca, hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di Pelabuhan Lampulo Banda Aceh berkurang drastis, sehingga harga ikan naik sampai Rp 10.000 per kilogram (kg).

Ketua Asosiasi Pedagang Ikan (ASPI) Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lampulo, Suherman, menyampaikan hal itu kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (26/5).

“Sudah seminggu laut tidak bersahabat, sehingga nelayan tidak leluasa melempar jaringnya ke laut karena angin kencang dan ombak mencapai 2 hingga 3 meter,” ujarnya.

Menurut Suherman, karena khawatir tak nyaman di laut yang sedang bergolak, sejumlah boat tidak melaut. Sementara itu, beberapa boat yang masih banyak berada di laut belum kembali ke pelabuhan hingga kemarin siang. Ia perkirakan, itu karena para nelayan belum mendapat hasil tangkapan yang memadai.

Dua hari lalu, kata Suherman, hanya satu boat yang merapat ke dermaga dengan membawa hasil tangkapan tujuh ton ikan. Sehari setelahnya ada satu boat yang merapat dengan membawa 3 ton ikan.

“Hasil tangkapan ikan sejak Selasa lalu turun drastis. Biasanya dalam sehari ada tujuh hingga sepuluh boat yang merapat. Masing-masing boat membawa pulang ikan 10 sampai 20 ton. Boat yang digunakan untuk melaut umumnya berukuran 40 GT ke atas,” kata Suherman.

Ia sebutkan, karena minimnya hasil tangkapan, harga ikan pun melonjak. Ikan dencis yang sebelumnya Rp 15.000/kg kini dihargakan Rp 25.000/kg, cakalang atau ame-ame ukuran 2 kg ke atas kini Rp 25.000/kg, sebelumnya Rp 15.000 untuk ukuran 2 kg ke atas. Harga ikan sisik baby tuna juga naik jadi Rp 25.000/kg dari sebelumnya Rp 15.000/kg.

Namun, ikan bandeng dan udang tambak harganya tidak naik, karena dipanen dari tambak. Harganya masih Rp 18.000/kg, sedangkan udang Rp 70.000-Rp 80.000/kg.

Sementara itu, Panglima Laot Aceh Barat, Amiruddin mengatakan, cuaca buruk disertai angin kencang menyebabkan banyak nelayan di kabupaten itu tidak melaut. “Dampak dari nelayan tidak melaut, harga ikan mulai naik,” katanya.

Menurut Amiruddin, perairan Aceh Barat dalam empat hari terakhir sedang diwarnai gelombang yang cukup tinggi. “Ini pergantian musim. Dalam waktu dekat akan normal kembali dan pada saat itu kita harapkan harga ikan kembali normal,” ujar Amiruddin. (una/riz) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id