Petugas BPBD Abes Siaga di Lokasi Rawan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petugas BPBD Abes Siaga di Lokasi Rawan

Foto Petugas BPBD Abes Siaga di Lokasi Rawan

* Selama Cuaca Buruk

JANTHO – Para relawan penanggulangan bencana dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, kini disiagakan di beberapa lokasi rawan bencana antara lain di Lambaro Kecamatan Ingin Jaya dan di kawasan Kecamatan Leupung. Kegiatan itu adalah dilakukan agar jika terjadi bencana petugas cepat mengatasinya terutama dalam menghadapi cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana (Ka-Laksa) BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil kepada Serambi seusai memberi arahan (briefing) petugasnya di Posko Penanggulangan Bencana BPBD di Sibreh, Kamis (26/5) mengatakan, para petugas BPBD disiagakan di beberapa lokasi rawan tumbangnya pohon kayu, seperti di lintas Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya ke Blangbintang yang merupakan lintasan menuju Bandara yang harus selalu lancar.

Sejak beberapa hari terakhir, di lintasan tersebut sudah beberapa kali terjadi tumbangnya pohon kayu ke badan jalan. Selain itu, petugas juga disiagakan di kawasan Kecamatan Leupung yang juga rawan terjadi longsor dan tumbang pohon di Gunung Paro dan Gunung Kulu.

Bukan hanya petugas BPBD Aceh Besar, menurut Ridwan Jamil, ratusan relawan penanggulangan becana terlatih yang tersebar di beberapa wilayah Aceh Besar juga diminta agar siaga dan melaporkan setiap terjadinya bencana di daerah masing-masing.

“Untuk relawan penggulangan bencana terlatih yang ada di Aceh Besar juga harus siaga dan cepat melaporkan jika terjadi bencana di daerah masing-masing,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar juga menjelaskan, sejak tiga hari terakhir saluran telepon 0651- 8070113 di Posko Penanggulangan Bencana BPBD di Sibreh rusak setelah jaringan milik Telkom itu disambar petir. Untuk itu, Ridwan Jamil meminta masyarakat ataupun ratusan relawan penanggulangan bencana di Aceh Besar agar melaporkan ke posko setiap terjadi bencana, baik kebakaran, pohon tumbang ke badan jalan, ataupun tanah longsor ke nomor telepon selular petugas posko, yaitu 085260128940 (Ikbal), 085260123728 (Zulfikar), dan 082366724008 (Firdaus).

Katanya, partisipasi masyarakat agar cepat melapor ke posko jika terjadi bencana mutlak dibutuhkan. Sehingga petugas akan cepat bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan. Kepada petugasnya, Ridwan juga meminta agar setiap saat siaga dan memantau situasi dan kondisi.(mis) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id