Pemerintah Diminta Serius Urus Asrama Aceh di Yogya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemerintah Diminta Serius Urus Asrama Aceh di Yogya

Foto Pemerintah Diminta Serius Urus Asrama Aceh di Yogya

BANDA ACEH – Ketua Taman Pelajar Aceh (TPA), Zulfan Reza meminta Pemerintah Aceh serius mengurus persoalan asrama Meuligoe Iskandar Muda di Jalan Poncowinatan, No 6, Yogyakarta. Pasalnya, asrama yang ditempati mahasiswa asal Aceh tersebut sudah dua kali disomasi Sutan Suryajaya, yang mengaku sebagai pemilik sah Hak Guna Bangunan (HGB).

“Para mahasiswa Aceh yang tinggal di asrama Meuligoe Iskandar Muda saat ini resah dan khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga mereka harus melakukan penjagaan rutin di asrama itu, bahkan mereka bertekad untuk tidak pulang kampong ketika puasa dan lebaran,” katanya melalui sambungan telepon kepada Serambi, Kamis (26/5).

Dia menjelaskan, sejak kasus itu muncul, Pemerintah Aceh sudah membentuk tim untuk mendata aset Aceh di Yogyakarta dengan memberi kuasa kepada Zulfan Reza. Zulfan mengaku, terkait semua dokumen dan surat-surat penting tentang asarama mahasiswa Aceh di Yogyakarta sudah diberikan kepada Pemerintah Aceh pada Desember 2015.

Belakangan, Sutan Suryajaya melalui kuasa hukumnya, Arief Nugroho SH MH, Ariyo Priyambodo SH, dan Fajar Thariq Rahartato SH advokat dari Konsultan Hukum di “SOP” Law Firm mengirim surat somasi dan meminta penghuni asarama Meuligo Iskandar Muda keluar dari asrama. Somasi pertama pada 18 Mei lalu, sedangkan somasi kedua pada 21 Mei lalu.

“Tapi khusus terkait somasi tersebut, saat ini Pemerintah Aceh belum bertindak. Kami meminta Pemerintah Aceh serius menyikapi somasi tersebut, jangan membiarkan begitu saja. Setidaknya pemerintah mengirim pengacara untuk menghadapi somasi ini. Jika pemerintah tidak mau, serahkan kepada kami saja, disini ada juga mahasiswa S2 hukum,” ujarnya.

Ketua YARA, Safaruddin SH yang melihat langsung asrama mahasiswa Aceh di Yogyajarta mengaku prihatin dengan kondisi bangunannya. Dia berharap Pemerintah Aceh untuk serius memperhatikan kondisi asrama mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Harusnya, ada perawatan yang berkelanjutan dari Pemerintah Aceh terhadap beberapa asrama Aceh di Yogyakarta.

Seperti diketahui, saat ini ada lima asrama mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Yaitu, asrama Meurapi di Jalan Sunaryo No 2 Yogyakarta, asrama Sabena di Jalan Taman Siswa No 13 Yogyakarta (juga bermasalah), asrama Meuligo Sultan Iskandar Muda di Jalan Poncowinatan No 6 Yogyakarta, dan Bale Gadeng/asrama putri Cut Nyak Dhien di Jalan Kartini No 1A Yogyakarta yang saat ini masih milik Yayasan Cut Nyak Dhien. (mas) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id