BPN Sertifikat 1.200 Tanah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BPN Sertifikat 1.200 Tanah

Foto BPN Sertifikat 1.200 Tanah

* Prirotas untuk Lahan Pekarangan

BLANGPIDIE – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merampungkan pengukuran 1.200 bidang tanah masyarakat untuk proses pembuatan sertifikat dalam Program Nasional Agraria (Prona) 2016. Jatah sertifikat Prona yang diberikan pemerintah pusat kepada Abdya sebanyak 2.000 bidang tanah dengan prioritas lahan pekarangan.

Kepala Kantor BPN Abdya Suria Bakti, Rabu (25/5) menjelaskan 1.200 bidang tanah (persil) yang sudah diukur tersebut merata dalam sembilan kecamatan. “Dari 1.200 persil yang sudah diukur, 877 persil di antaranya sudah dikeluarkan pengumuman. Bila tidak ada sanggahan, maka segera diproses sertifikat secara gratis,” katanya.

Menurutnya sejauh ini kendala yang ditemui masyarakat antara lain sulit melengkapi syarat data yuridis tanah dan terlambat mengembalikan data yuridis dari desa/gampong ke Kantor BPN setempat. “Bila data yuridis sudah lengkap, kita minta kepala desa/keuchik untuk menyerahkan kepada kantor pertahanan sehingga bisa diturunkan petugas ukur,” ungkap Suria Bakti.

Menurutnya BPNmenurunkan delapan tenaga PNS dan beberapa tenaga honorer untuk proses pengukuran. ”Meskipun tenaga terbatas, bukan kendala. Kita terus jalan sehingga target pembuatan 2.000 sertifikat Prona 2016 dapat selesai,” ungkapnya.

Sertifikat Prona merupakan program pemerintah untuk memberikan kepastian hak atas tanah atau aset berupa tanah yang dimiliki masyarakat memiliki legalisasi atau terdaftar. Kantor BPN Abdya telah membuka akses informasi seluas-luasnya. Seperti menyurati 132 keuchik definitif dan 20 keuchik desa persiapan di sembilan kecamatan.(nun) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id