Pola Makan dan Gizi jadi Fokus Utama di Jepang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pola Makan dan Gizi jadi Fokus Utama di Jepang

Foto Pola Makan dan Gizi jadi Fokus Utama di Jepang

aceh.Uri.co.id, TOKYO – Pola makan dan gizi kini menjadi fokus utama negara Jepang lewat Health Japan 21 (the 2nd term).

Program ini digagas oleh Kementrian Kesehatan, Pekerja dan kesejahteraan Jepang.

Professor dari Kanagawa Institute of Technology, Naomi Aiba dalam kuliah umum berjudul “Shokuiku (Food and Nutrition Education) menyebutkan program ini yang dimulai sejak 2013 hingga 2022 memiliki tujuan yang sangat penting.

“Program ini digalakkan untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat lewat pola makan bagi masyarakat jepang mulai dari anak anak hingga usia lanjut,” ujarnya kepada aceh.Uri.co.id, Kamis (26/05/16).

Ada dua hal yang diperhatikan yaitu meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan sosial. Untuk poin kualitas hidup, pemerintah lewat program ini berharap dapat mengurangi serta mencegah penyakit non-cardiovascular (NCDs).

Selain itu meningkatkan peran kehidupan sosial juga menjadi fokus dari Health Japan 21 2nd Edition (2013-2022).

“Pemerintah jepang menganjurkan warganya untuk makan tiga kali sehari dengan kualitas dan kuantitas makan yang baik dan seimbang,” paparnya.

Adapun porsi makan yang seimbang dalam japanese style-meal adalah makanan pokok (nasi), meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan, soup (soba atau soy sauce), serta kombinasi baik antara daging, ikan dan produk dari kedelai.

Selain itu, mengurangi konsumsi garam juga menjadi takaran gizi baik. Pola makan baik nantinya berefek pada tingkat malnutrisi yang menurun serta berat badan ideal akan didapat.

Kegiatan kuliah umum tentang Shokuiku (Food and Nutrition Edition Education) ini adalah bagian dari acara 2016 Japan Tour for Journalists From Overseas yang digelar oleh Yakult. Acara ini berlangsung sejak 22 hingga 29 Mei 2016 di Tokyo, Jepang. (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id