Priorities Seat, Potret Nyamannya Fasilitas Publik Tokyo | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Priorities Seat, Potret Nyamannya Fasilitas Publik Tokyo

Foto Priorities Seat, Potret Nyamannya Fasilitas Publik Tokyo

aceh.Uri.co.id, TOKYO – Anda memiliki penyakit jantung? Takut naik kereta selama di jepang? Atau anda sedang hamil dan khawatir tidak mendapat perlakuan layak? Jangan khawatir, fasilitas publik khususnya kereta di Jepang menjamin kenyamanan anda.

Hampir rata rata kereta di tokyo ditempel stiker “priority seat”. Priority seat atau penumpang prioritas dalam kereta adalah manula, ibu hamil, disabilitas, penumpang yang membawa anak usia balita hingga 10 tahun dan penumpang dengan penyakit tertentu. Orang – orang inilah yang diutamakan mendapatkan bangku selama perjalanan.

Jadi jangan heran jika melihat penumpang lain memberi kursi bagi ibu hamil atau yang sedang sakit. Masyarakat Tokyo sangat disiplin dan mengaplikasikan peraturan ini tanpa harus ada pengawalan petugas. Semua murni untuk menghargai kepentingan orang – orang tersebut.

Stiker priority seat selalu berdampingan dengan stiker pink bergambar ibu dan bayi yang berarti kaum perempuan yang sedang hamil muda. Mereka pun adalah penumpang yang sangat dihargai dan harus dijamin kenyamanannya dalam transportasi publik.

Menurut Ami seorang warga negara jepang mengatakan biasanya ibu hamil muda memakai penanda seperti gantungan kunci. Hal ini agar ketika dia berada dalam kereta atau transportasi umum lain, maka orang akan tau.

“Gantungan kunci itu diberi oleh bidan atau rumah sakit. Kan kalau hamil muda tidak kelihatan, jadi kalau ada ini maka orang bisa tau,” pungkasnya kepada aceh.Uri.co.id, Kamis (26/05/2016).

Jadi jangan heran, jika anda melihat ada penumpang yang kelihatan lelah usai bekerja, yang rela berbagi kursi dengan manula ataupun ibu hamil dalam kereta yang penuh. (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id