YARA Gugat Sekda Aceh dan PPID Utama | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA Gugat Sekda Aceh dan PPID Utama

Foto YARA Gugat Sekda Aceh dan PPID Utama

BANDA ACEH – Majelis Komisi Informasi Aceh (KIA) menggelar sidang perkara sengketa informasi publik gugatan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) (pemohon) terhadap Sekda Aceh selaku atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Aceh (termohon I) dan PPID Utama Aceh (termohon II) di Kantor KIA, Banda Aceh, Rabu (25/5).

Sidang sengketa informasi publik dengan nomor registrasi: 029/V/KIA-PS/2016 itu diketuai Liza Dayani didampingi anggota Jehalim Bangun dan H Hamdan Nurdin. Hadir dari pemohon, Fakhrurrazi dan H Sulaiman SH, sedangkan dari termohon I diwakili Timor Firdaus dari Biro Hukum Sekda Aceh dan termohon II diwakili Rahmawati.

Sengketa tersebut berawal ketika YARA mengajukan permohonan informasi kepada Badan Penguatan Perdamaian Aceh (BP2A) melalui PPID Utama Aceh, 22 Februari 2016. Tetapi, hingga sepuluh hari berlalu, permohonan tersebut tidak ditanggapi, sehingga pada 29 Maret 2016, YARA mengajukan surat keberatan ke Sekda Aceh selaku atasan PPID Utama Aceh.

“Surat itu juga tidak ditanggapi Sekda Aceh, sehingga YARA mengajukan gugatan ajudikasi nonlitigasi ke KIA. Padahal kita mengajukan permohonan sejumlah dokumen informasi publik itu untuk kepentingan penyebarluasan informasi dan menjamin hak pemohon sebagai warga negara serta sebagai bentuk pengawasan atas realisasi program dan keuangan,” kata Fakhrurrazi.

Setelah legal standing pemohon dinyatakan terpenuhi oleh majelis, sidang sengketa informasi dilanjutkan ke tahapan mediasi dengan mediator Zainuddin ST. Sidang tersebut akan dilanjutkan, Selasa, (31/5). (mas) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id