BMKG: Hujan Es Fenomena Biasa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BMKG: Hujan Es Fenomena Biasa

Foto BMKG: Hujan Es Fenomena Biasa

Laporan Asnawi Ismail | Banda Aceh

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH — Fenomena hujan es memang jarang-jarang terjadi, namun di beberapa daerah, khususnya Aceh butiran hujan es sempat menghebohkan warga Kecamatan Simpang Tiga Sigli, Kabupaten Pidie dan Cot Glie Aceh Besar.

Kini peristiwa langka, kembali kejutkan masyarakat Lhoksukon Aceh Utara. Begitupun, warga tak perlu khawatir.

“Karena, fenomena alam hujan butiran es yang terjadi di Lhoksukon, merupakan  hal biasa,” kata Zakaria SE, kepada Srambinews.com, Rabu (25/5/2016) malam.

(BACA JUGA: Hujan Es Terjadi di Lhoksukon)

Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda Blang Bintang, Zakaria menyebutkan, hujan es mungkin merasa ganjil bagi masyarakat awam, namun bila dilihat dara kacamata Meteorologi ini merupakan fenomena biasa.

Hujan es terjadi karna ada beberapa faktor penyebabnya yaitu karna adanya awan comulo nimbus, dasar awan yg sangat rendah atau dekat dengan permukaan bumi dan adanya suhu udara yg dingin di bawah permukaan awan.

Dengan adanya unsur tersebut diatas maka peluang kumungkinan terjadi hujan es lebih besar. Seperti disebut di atas dan bila dilihat dari stream line (garis angin) yang dikeluarkan Nassa, maka kelas tampak adanya konvergensi (penyempitan) masa udara di atas wilayah Lhoksukon.

Dengan kondisi atmosfer yang demikian, maka bisa dipastikan diwilayah itu,  terjadi pertumbuhan awam comulo nimbus. Karena, berdasarkan hasil konfirmasi dan data BMKG, ternyata hujan es terjadi, bersamaan munculnya awan yang membeku, terhempas angin kencang, sehingga pecah berbentuk butiran es.

Dari fenomena itu, merupakan uap air (awan yang membeku) yg terdapat dalam awan cb ketika jatuh kebumi tidak sempat mencair karena awannya rendah, yaitu di bawah permukaan awan dingin dan dihempas angin kencang. (*)
(uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id