Irwandi Berniat Gandeng T Setia Budi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Irwandi Berniat Gandeng T Setia Budi

Foto Irwandi Berniat Gandeng T Setia Budi

* Sebagai Cawagub dalam Pilkada Nanti

BLANGPIDIE – Bakal calon gubernur (Balongub) Aceh, Irwandi Yusuf, berniat menggandeng mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, T Setia Budi sebagai wakilnya dalam pilkada nanti.

Namun hal itu masih sebatas wacana, karena sangat tergantung lewat jalur apa ia akan maju nanti, dan bagaimana sikap partai politik (parpol) yang akan mengusung dan mendukungnya nanti.

Irwandi mengatakan akan memilih T Setia Budi apabila nanti ia harus maju melalui jalur independen. Tetapi apabila maju melalui jalur parpol, maka sosok calon wakil tergantung pada pilihan parpol dan ia siap menerima keputusan tersebut.

“Jika parpol memberikan kewenangan kepada saya untuk memilih, maka T Setia Budi orang yang saya inginkan,” kata Irwandi Yusuf kepada wartawan disela acara silaturahmi dengan relawan Irwandi dan tokoh masyarakat Abdya di lapangan Pulau Kayu Susoh, Selasa (24/5).

Tetapi, lanjut Irwandi, apabila parpol ternyata memiliki calon wakil yang dianggap lebih layak dan mampu, maka dirinya akan menerima dan menjalankan keputusan tersebut.

“Jika saya naik dengan parpol dan kalau parpol memiliki calon yang mampu dan oke, maka saya harus dengar. (Tetapi) mungkin saja mereka juga setuju dengan Setia Budi,” ujar mantan Gubernur Aceh ini.

Rencana Irwandi yang berniat menggandeng T Setia Budi sebagai wakilnya memang sudah mencuat sejak beberapa hari terakhir. Di beberapa media sosial dan online, Irwandi mengatakan, ia menginginkan T Setia Budi karena kemampuannya dalam memahami tata kelola pemerintahan. Selain itu, T Setia Budi adalah orang yang tidak memiliki ambisi politik dan jabatan.

Dalam acara silaturrahmi kemarin juga dihadiri belasan eks kombatan GAM yang mendeklarasikan diri untuk memenangkan Irwandi Yusuf pada Pilkada 2017 nanti.

“Irwandi sudah terbukti, dan dia merupakan sosok yang bisa membangun ekonomi rakyat Abdya dan Aceh secara umumnya. Selama ini Irwandi juga sosok yang mampu membina para eks kombatan GAM. Inilah menjadi alasan kami mendukung dan siap memenangkan Irwandi,” ujar mantan Panglima Daerah 01 Wilayah Blangpidie, Mus Sudong.

Hingga berita ini diturunkan tadi malam, Serambi belum berhasil menghubungi T Setia Budi. Berkali-kali dihubungi, mantan Sekda Aceh ini tidak mengangkat handphone-nya.

T Setia Budi dilantik sebagai Sekda Aceh pada 27 Oktober 2010. Kala itu, Gubernur Aceh dijabat oleh Irwandi Yusuf.

T Setia Budi memasuki masa pensiun pada 31 Oktober 2012 atau bersamaan dengan usianya ke-60. Namun karena mendapat perpanjangan masa tugas, jabatan itu harus ia emban hingga setahun lagi.

Namun pada April 2013, ia mengajukan surat pengunduran diri kepada Gubernur Zaini Abdullah. Posisinya sebagai Sekda kemudian digantikan oleh Dermawan.

Teuku Setia Budi lahir pada 31 Oktober 1952 mengawali kariernya sebagai pegawai negeri sipil di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh pada 1980.

Sepanjang karier PNS di Bappeda Aceh, lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ini, pernah menjabat sekretaris pada 1992 hingga 1997.

Setelah 17 tahun bertugas di Bappeda Aceh, Teuku Setia Budi dipromosikan sebagai Kepala Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Aceh sejak 1997 hingga 2001.

Kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Aceh pada 2001 hingga 2001, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh (2002-2006), dan Kepala Bawasda/Inspektorat (2006-2008).

Setelah menjabat Kepala Bawasda Aceh, Teuku Setia Budi dilantik sebagai Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Pemerintahan. Sedangkan jabatan Sekda Aceh ia emban sejak Oktober 2010. (c50/yos/ant) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id