Kabupaten/Kota Ditetapkan KIP Masing-masing | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kabupaten/Kota Ditetapkan KIP Masing-masing

Foto Kabupaten/Kota Ditetapkan KIP Masing-masing

DALAM rapat pleno kemarin, KIP Aceh juga merilis jumlah penduduk masing-masing kabupaten/kota yang ada di Aceh, berikut dengan jumlah dukungan minimum persyaratan pasangan calon bupati/wakil bupati, wali kota/ wakil wali kota dari jalur perseorangan. Namun, Ridwan mengatakan, untuk kabupaten/kota akan ditetapkan oleh KIP masing-masing daerah.

“Untuk bupati atau wali kota, itu akan ditetapkan oleh masing-masing KIP kabupaten nanti, jumlahnya tetap tiga persen dari jumlah penduduk masing-masing kabupaten dan tersebar di sekurang-kurangnya dari 50 persen kecamatan. Saat ini sudah ada beberapa kabupaten yang telah menetapkan,” kata Ridwan.

Ridwan menyebutkan, ada dua kabupaten yang untuk sementara diambil alih oleh KIP Aceh, yakni Aceh Timur dan Nagan Raya, lantaran para komisioner KIP di dua kabupaten tersebut telah diberhentikan oleh KPU Pusat.

“Ke depan kita berjalan sesuai dengan keputusan undang-undang, kita ambil alih dulu. Ini dalam masa penyelesaian, kita berharap cepat selesai. Karena KIP Aceh akan kesulitan jika terus menerus mengambil alih, semoga segera terbentuk komisioner baru nantinya,” pungkas Ridwan Hadi.

Dari Lhokseumawe dilaporkan, KIP Aceh Utara dan Lhokseumawe, Minggu (22/5) kemarin, mengadakan rapat pleno untuk menetapkan persyaratan dukungan minimal bagi calon perseorangan yang maju sebagai bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota pada pilkada 2017.

Untuk Aceh Utara, jumlah bukti dukungan (KTP/SIM/paspor) yang harus dikumpulkan calon perseorangan adalah 17.083 lembar, tersebar minimal di 50 persen dari 27 kecamatan dalam wilayah Aceh Utara. Sedangkan untuk Lhokseumawe, jumlah bukti dukungan yang harus dikumpulkan sebanyak 5.670 lembar, tersebar minimal di dua kecamatan (50 persen), dari empat kecamatan di Aceh Utara.

“Penetapan tersebut merujuk pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, yang menyebutkan calon perseorangan harus mendapat dukungan KTP minimal tiga persen dari jumlah penduduk,” kata Ketua KIP Lhokseumawe Syahril M Daud kepada Serambi kemarin.

Terpisah, Ketua KIP Aceh Utara Jufri Sulaiman menyebutkan, setelah menetapkan syarat dukungan calon independen, pihaknya juga akan mengadakan sosialisasi terkait penetapan dukungan calon tersebut. “Selain dihadiri komisioner KIP, kita juga mengundang panwaslih terpilih dan juga sejumlah partai politik dalam pleno tadi (kemarin-red),” katanya.

Untuk tahapan selanjutnya, pada Juni mendatang pihaknya akan memulai perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Jadwal perekrutannya dari 21 Juli sampai 20 Juli mendatang,” katanya.

Penetapan persyaratan untuk pasangan bakal cabup/cawabup dari jalur perseorangan juga dilakukan oleh KIP Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (22/5). Rapat pleno ini dipimpin Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, dihadiri seluruh Komisioner/Anggota KIP, S Masykur SH, Hasbi SPd, Muhammad Zikri dan Muhammad Jakfar.

Data diperoleh Serambi, syarat bukti dukungan untuk bakal cabup/cawabup Abdya dari jalur perseorangan adalah 4.422 lembar atau 3 persen dari jumlah penduduk sebanyak 147.409 jiwa. “Data jumlah penduduk Abdya adalah berdasarkan data dari Dirjen Kependudukan pada Kemendagri,” kata Ketua KIP Abdya, Elfiza.

Elfiza juga menjelaskan, berdasarkan tahapan Pilkada Abdya 2017, pengumuman penyerahan syarat dukungan KTP bagi calon bupati dan wakil bupati dari perseorangan sejak 20 Juli sampai 2 Agustus 2016. Sedangkan pendaftaran ke KIP Abdya sejak 6 sampai 10 Agustus 2016.

Sementara bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur partai politik (parpol), pengumuman pendaftaran pasangan calon dilaksanakan 11-18 September 2016. Sedangkan pendaftaran pasangan calon ke KIP sejak 19-21 September 2016.

“Dukungan KTP yang diiserahkan oleh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati selanjutnya diverifikasi faktual di tingkat gampong, sejak 21 Agustus sampai 3 September 2016. Sebelumnya akan melalui tahapan verifikasi administrasi,” kata Elfiza.(dan/jaf/nun) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id