Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike Unsyiah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike Unsyiah

Foto Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike Unsyiah

* Dilepas Gubernur Aceh

BANDA ACEH – Tak kurang dari 4.000 peserta asal Banda Aceh dan sekitarnya, Minggu (22/5) pagi memeriahkan Fun Bike Unsyiah 2016 yang mengambil start dan finish di Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh. Fun bike yang digelar Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bekerja sama dengan Harian Serambi Indonesia itu dalam rangka memperingati HUT Ke-55 Unsyiah.

Amatan Serambi, peserta mulai berdatangan ke Lapangan Tugu Darussalam sejak pukul 06.30 WIB. Mereka langsung mengantre sambil menunggu bendera start dikibaskan. Sebagian besar peserta mengenakan kaos seragam warna biru putih yang dibagikan panitia saat pendaftaran.

Peserta fun bike dilepas oleh Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, sekitar pukul 07.30 WIB, didampingi Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng dan Pimpinan Serambi Indonesia, Mohd Din SE. Pelepasan juga didampingi sejumlah pimpinan lembaga yang ikut mensponsori sepeda santai tersebut.

Setelah dilepas, peserta mengayuh sepeda menempuh jalur Jalan Teuku Nyak Arief melewati Simpang Mesra, Jalan Tgk Daud Beureueh, kemudian ke Simpang Jambo Tape, dan berbelok ke arah Jalan Syiah Kuala. Selanjutnya, menuju arah Jalan Gabus berbelok di depan SMA Negeri 3 Banda Aceh lalu kembali melewati rute Jalan Tgk M Daud Beureueh dan Jalan T Nyak Arief untuk mencapai garis finish di Lapangan Tugu Darussalam.

Setelah dilakukan pengundian, sejumlah hadiah menarik seperti kulkas, televisi, kompor gas, sepeda, smartphone, kipas angin, DVD, mesin cuci, dispenser, tiket pesawat, dan voucher belanja berhasil diraih oleh sejumlah peserta yang beruntung. Mereka terdiri atas anak-anak, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan karyawan.

Sedangkan hadiah utama berupa dua unit Honda Beat berhasil dibawa pulang Zulfikar M Tahir dan Yulia. Zulfikar tercatat sebagai warga Gampong Cadek, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, sehari-hari berprofesi sebagai pedagang sepeda di kawasan Cadek.

Menurut Zulfikar, ia bersama belasan temannya yang tergabung dalam komunitas sepeda Sanex rutin mengikuti fun bike, bahkan pernah ikut fun bike di Lhokseumawe dan Calang. “Alhamdulillah, saya berhasil mendapatkan sepeda motor dalam fun bike kali ini. Dari sekian banyak even yang saya ikuti belum pernah dapat apa-apa, tapi memang keinginan kami ikut fun bike untuk berolah raga dan menjalin kebersamaan,” ujar Zulfikar.

Sedangkan Yulia, tercatat sebagai warga Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Ibu rumah tangga ini berharap mendapat hadiah televisi untuk dipasang di dalam kamar. Namun, ia tak menyangka bisa membawa pulang satu unit sepmor. Hadiah utama diserahkan Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal dan Pimpinan Kantor Pusat Operasional (KPO) Bank Aceh, Budi Kafrawi, mewakili sponsor.

Dalam Fun Bike Unsyiah kemarin juga terdapat satu keluarga yang beruntung, berhasil membawa pulang lima item hadiah, yaitu kulkas, sepeda, kipas, DVD, dan jam dinding. Mereka adalah pasangan Adnan dan Ariani, warga Gampong Suka Damai, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh yang mengikuti fun bike bersama lima anaknya.

Prof Samsul Rizal dalam sambutannya menyampaikan, di usia Unsyiah yang memasuki 55 tahun, bukanlah puncak kesuksesan, sebab ke depan masih ada puluhan hingga ratusan puncak kesuksesan lagi yang akan dicapai oleh PTN tertua di Aceh itu.

Ia menekankan agar semua pihak menjunjung tiga prinsip utama, yaitu kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan. Menurut Samsul Rizal, sejak kampus ini memperoleh nilai akreditasi institusi A, banyak perguruan tinggi lain yang datang untuk mempelajari metode dan strategi Unsyiah menuju prestasi tertinggi untuk nilai akreditasi institusi tersebut.

“Di level nasional, fenomena lompatan nilai akreditasi dari C ke A hanya terjadi di Unsyiah, sehingga menjadi bahan diskusi panjang dan menginspirasi institusi-institusi pendidikan lainnya di Indonesia,” ujar Samsul.

Rektor Unsyiah itu juga tidak menafikan bahwa saat ini masih ada beberapa kekurangan yang terjadi di Unsyiah, sehingga menurutnya, menjadi tugas bersama semua pihak untuk menjadikan Unsyiah lebih baik lagi. Sebab, citra Unsyiah saat ini–dengan sejumlah kelebihan dan kekurangannya–merupakan hasil sinergi dan kinerja semua elemen masyarakat dan civitas akademika.

Rektor Unsyiah juga secara khusus berterima kasih kepada para sponsor yang ikut membantu terselenggaranya fun bike tersebut, seperti Bank Aceh, Bank Mandiri, BNI, BTPN, Bank Syariah Mandiri, BRI, BPR Mustaqim Sukamakmur, Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, Bursa Efek Indonesia IDX, dan Laboratorium Klinik Riset. “Kami juga memberi apresiasi kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah yang telah bersedia mengorganisasikan acara Fun Bike Unsyiah ini,” pungkas Rektor Samsul Rizal. (mun) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id