Malam Ini Popda Dibuka | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Malam Ini Popda Dibuka

Foto Malam Ini Popda Dibuka

LANGSA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Provinsi Aceh di Kota Langsa akan dibuka Gubernur Zaini Abdullah. Pesta dua tahunan tersebut akan menampilkan tarian kolosal Kemilau Pantai Timur yang dibawakan 250 penari mengangkat tema tiga etnis yakni Langsa, Aceh Timur, di Stadion Kota Langsa.

Kepala Disporabudpar Langsa, Syafrizal menjelaskan kepada wartawan dalam konferensi pers di Bale Juang, petang kemarin. Turut dihadiri Kadispora Aceh, Asnawi, Sekdakot Langsa, Syahrul Thaeb, Kabid Olahraga Dispora, Mursi Idris, serta Kabid Olahraga Diporabudpar setempat, Muzakkir.

“Sesuai dengan pembicaraan terakhir panitia, gubernur dijadwalkan membuka Popda malam ini. Upacara pembukaan terbuka bagi masyarakat umum. Seluruh wali kota dan bupati akan hadir,” ungkap Syafrizal.

Kadisporabudpar menambahkan, hingga sore kemarin, sekitar 80-90 persen atlet sudah tiba di tempat tujuan, serta mereka langsung menempati tempat penginapan di 23 sekolah yang telah disediakan panitia lokal. Penginapan tersebut telah dilengkapi berbagai berbagai fasilitas sesuai standar.

Bahkan, aku Syafrizal, berapa hari sebelumnya sebagian atlet dari daerah telah tiba lebih dulu ke Langsa. “Insya Allah, segala persiapan untuk pelaksanaan Popda termasuk venue maupun fasilitas telah dipersiapkan dengan matang. Kita berharap dukungan semua pihak dan masyarakat untuk suksesnya ajang Popda,” sebutnya.

Sementara untuk pergelaran Popda ini, sebutnya, telah diplot dana sekitar 4,1 miliar. Anggaran tersebut terdiri dari APBA Rp 2,4 miliar dan dari APBK Langsa Rp 1,7 miliar. Dana sejumlah ini semuanya dimanfaatkan segala kebutuhan pelaksanan Popda.

Sementara Kabid Olahraga Dispora Aceh, Mursi Idris yang dihubungi Serambi menjelaskan, untuk atlet setiap orangnya disediakan dana Rp 60 ribu/hari untuk kebutuhan makan sehari-hari mereka. Dari jumlah Rp 60 ribu itu, 50 persen ditanggung dari dana Provinsi Aceh dan sisanya menjadi tanggungjawab 23 Pemkab/Pemko masing-masing daerah asal atlet.

“Untuk anggaran Popda ini dari APBA Rp 2,4 miliar yang digunakan untuk makan, honor, transportasi, sertifikat, dan lainnya selama berjalannya Popda,” jelas Musri.(zb) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id