Kios Pasar Inpres Takengon Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kios Pasar Inpres Takengon Terbakar

Foto Kios Pasar Inpres Takengon Terbakar

TAKENGON – Lima unit kios yang menjual pakaian, sepatu dan gorden di Komplek Pasar Inpres, Kampung Bale Atu, Kota Takengon, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (22/5) dini hari, sekira pukul 03.20, hangus dilahap api. Tiga diantaranya mengalami rusak parah. Sedangkan dua lagi rusak ringan terkena imbas dari kejadian itu.

Deretan kios yang hangus terbakar tersebut merupakan milik Mukhlis Gayo, namun ditempati sejumlah penyewa. Ketiga kios yang mengalami rusak parah diantaranya ditempati oleh Rita Aulia, Yuminar dan Denggan Siregar. Sedangkan untuk kios rusak ringan ditempati oleh Memen dan Ilham. Sebagian kios yang terbakar digunakan untuk menjual pakaian, gorden sepatu dan beberapa perlengkapan lainnya.

Musibah tersebut terjadi disaat warga sedang tertidur lelap. Sehingga banyak warga setempat yang tidak mengetahui adanya kebakaran tersebut. Beruntung, petugas pemadam kebakaran cepat turun ke lokasi kejadian. Api dengan cepat dipadamkan sebelum menjalar ke deretan kios lainnya. “Diduga penyebabnya karena konsleting listrik, lantaran tidak ada orang yang tinggal di kios ini,” ujar salah seorang warga.

Menurut kesaksian sejumlah warga, api awalnya membakar bagian dalam kios yang dipenuhi barang dagangan seperti pakaian, sepatu dan gorden. Namun, ketika api mulai membesar dan asap menyembul dari dalam kios beberapa warga sempat melihat dan melaporkan kepada petugas pemadam kebakaran. “Kalau nggak salah, ada tujuh unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan, sehingga api cepat dipadamkan,” sebut warga ini.

Kerugian akibat musibah itu, diperkirakan mencapai angka ratusan juta rupiah. Pasalnya sebagian para pedagang yang menyewa kios tersebut, baru saja selesai belanja dalam menghadapi bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Namun, sayangnya barang dagangan milik para korban, sebagian besar telah hangus terbakar. Tapi, jumlah pasti kerugian belum diketahui.

Sementara itu, paska musibah kebakaran tersebut, para pemilik kios terlihat bergotong royong membersihkan puing puing kebakaran. Barang barang yang ada di dalam kios mulai diangkut oleh pemiliknya, tetapi sebagian besar tidak bisa lagi digunakan dan dijual lantaran telah rusak dilahap api. Dalam proses pembersihan itu, Camat Lut Tawar, Bihari Muslim didampingi Kapolsek, Iptu Irfan Lubis ikut berada di lokasi.

Camat Lut Tawar Bihari Muslim, ketika ditanya Serambi, terkait tindak lanjut penanganan korban kebakaran, menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) setempat. “Kita sudah laporkan kejadian ini. Barangkali nanti akan mereka cek langsung, karena lokasi kejadian bukan tempat tinggal, melainkan kios yang dijadikan tempat usaha,” kata Bihari Muslim.(my) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id