Kodim 0102/Pidie Laksanakan Latnister TA. 2016 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kodim 0102/Pidie Laksanakan Latnister TA. 2016

Foto Kodim 0102/Pidie Laksanakan Latnister TA. 2016

Sigli – Sebanyak 390 Babinsa jajaran kodim 0102/Pidie selama tujuh hari mengikuti latihan teknis teritorial (Latnister) TA 2016, di gedung pertemuan kabupaten Pidie, Jumat (20/5/16).

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan Latnister tersebut, meliputi temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, komunikasi sosial, sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI.

Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Usik Samwa Parana mengatakan Latnister tersebut bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan Apkowil Kodim 0102/Pidie, guna mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Binter di wilayah Kodim Pidie.

Ia menjelaskan, sebagai Apkowil harus mampu mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial, menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara. Untuk itu sebagai Apkowil dituntut harus mempunyai kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan, diantaranya dapat dan memahami kemampuan teritorial, dapat dan memahami sikap teritorial, dapat dan memahami metode binter yang menjadi pedoman bagi para Apkowil dalam melaksanakan Binter di wilayahnya.

Selain itu juga harus memenuhi kemampuan perorangan yang meliputi  kemampuan mendapatkan informasi dan melaporkan dengan cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan.

Dengan adanya Latnister ini, Dandim berharap, para babinsa lebih mengerti tugas tanggung jawabnya untuk tugas kedepan. “Karena  Tidak Ada Prajurit Yang Hebat, Yang Ada Prajurit Yang Terlatih,’’ungkapnya. (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id