Gubernur Terima Buku Kemilau Warisan Budaya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Terima Buku Kemilau Warisan Budaya

Foto Gubernur Terima Buku Kemilau Warisan Budaya

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menerima buku berjudul “Kemilau Warisan Budaya Aceh” karya Budayawan Aceh, H Harun Keuchik Leumiek, yang juga Penasihat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh. Buku setebal 381 halaman tersebut langsung diserahkan penulisnya kepada gubernur, di Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat (20/5) malam.

Turut hadir mendampingi Gubernur Zaini, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian, Kepala Dinas Pendidikan Aceh diwakili Kabid Program Muslem Yacob, dan Budayawan Aceh, Nurdin AR yang juga mantan Kepala Museum Aceh.

Sementara dari PWI hadir Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Aceh, A. Dahlan TH, Penasihat Bustamam Aly, serta jajaran pengurus PWI Aceh lainnya.

Buku ini mengupas tentang informasi budaya dan peninggalan indatu Aceh, berupa perhiasan, kain, budaya, maupun benda bersejarah lainnya pada akhir abad 16 hingga abad 17. Beberapa benda yang kini sudah langka dengan umur sampai 300 tahun itu, disimpan dalam museum pribadi Harun Keuchik Leumiek.

“Buku ini adalah cerminan identitas masyarakat Aceh yang perlu diketahui oleh para generasi-generasi penerus masyarakat Aceh,” ungkap Harun Keuchik Leumiek yang juga dikenal sebagai pengusaha toko emas, permata, dan souvenir di Kota Banda Aceh.

“Melalui buku ini banyak pihak dapat mengamati dan mem-peroleh informasi, tentang begitu kaya koleksi adat dan budaya Aceh yang tetap patut dilestarikan,” tambahnya.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam sambutannya mengatakan, buku yang dicetak dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris seperti ini sangat penting agar warisan budaya Aceh terus menjadi ingatan kolektif masyarakat internasional sepanjang masa.

Menurutnya, semua peninggalan benda-benda itu adalah bukti sejarah dari kejayaan peradaban Aceh yang tak dapat dinafikan, bahwa Aceh memiliki khazanah kekayaan warisan budaya yang tinggi.

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi tinggi inisiatif Saudara H. Harun Keuchik Leumiek yang telah mengoleksi hampir semua jenis benda budaya peninggalan sejarah Aceh yang tak ternilai harganya. Baik koleksi jenis perhiasan, mata uang kuno derham emas maupun koleksi jenis persenjataan Aceh masa lampau seperti rencong dan siwah serta koleksi-koleksi aksesoris masa lampau Aceh lainnya seperti kain tenun sutra yang telah berusia ratusan tahun,” ujar Zaini.(nal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id