Bakal Cawagub Makin Mengkristal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bakal Cawagub Makin Mengkristal

Foto Bakal Cawagub Makin Mengkristal

TANDA tanya seputar sosok yang akan mendampingi Muzakir Manaf (Mualem) dalam Pilkada 2017, tampaknya akan segera terjawab dalam waktu dekat. Informasi dihimpun Serambi, dalam seminggu ini berlangsung serangkaian rapat untuk memfinalkan pasangan bakal calon wakil gubernur, sekaligus mempersiapkan deklarasi pasangan cagub/cawagub, cabup/cawabup, serta cawalko/cawawalko yang diusung dan didukung oleh Partai Aceh di seluruh Aceh.

Sebuah sumber Serambi menyebutkan, Muzakir Manaf memberi sinyal akan menggandeng TA Khalid sebagai orang yang akan mendampinginya dalam Pilkada 2017. Ungkapan tersebut disampaikan Mualem dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah elite Partai Aceh, seperti Mukhlis Basyah (Sekjen), Tgk Hasan Sabon (Bendahara), Suadi Sulaiman (Juru Bicara), dan beberapa petinggi lainnya.

Dikofirmasi mengenai hal ini, Jubir PA Suadi Sulaiman (Adi Laweung) mengatakan, rapat tersebut tidak memutuskan calon wakil gubernur yang akan mendampingi. “Yang hadir dalam rapat itu tidak semua unsur pimpinan. Boleh dikatakan inti rapat adalah rapat bincang-bincang untuk setting deklarasi,” kata Adi Laweung menjawab Serambi via telepon, Jumat (20/5) malam.

“Jadi masalah wakil nantinya, siapa yang diputuskan oleh Mualem, oleh pimpinan, berarti itu adalah keputusan (partai),” lanjut dia.

Mengenai deklarasi, Adi Laweung mengatakan, akan terus dimatangkan dalam rapat-rapat lanjutan yang akan dilaksanakan dalam dua hari ini. “Apakah deklarasi pasangan cagub akan digelar bersamaan dengan pasangan calon bupati dan calon wali kota seluruh Aceh, ini akan dibahas kembali,” ujarnya.

Ia memastikan, bakal calon wakil Mualem akan diputuskan dalam waktu dekat ini, minimal sebelum bulan puasa.

Rapat KAB
Ketua Koalisi Aceh Bermartabat (KAB), Wien Rimba Raya yang dihubungi terpisah juga mengatakan, rapat yang berlangsung Kamis (19/5) malam, lebih kepada pembahasan mengenai rencana pembentukan tim deklarasi. Menurutnya, pada Sabtu malam nanti, akan digelar rapat lanjutan untuk mematangkan pembentukan tim deklarasi.

Persoalan cawagub dan rencana deklarasi, kata Wien Rimba Raya, juga dibahas dalam rapat pimpinan parpol KAB yang berlangsung di Meuligoe Wakil Gubernur Aceh, di kawasan Blangpadang, Jumat (20/5) malam tadi. Hingga berita ini diturunkan, rapat tersebut masih berlangsung dan tertutup untuk kalangan wartawan.

“Mengenai calon wakil gubernur akan dimusyawarahkan dengan pimpinan parlok dan parnas. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapat pada Sabtu malam, dengan menghadirkan pimpinan lengkap internal Partai Aceh, sekaligus pembentukan tim panitia untuk deklarasi akbar calon gubernur/wakil gubernur, sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan,” ungkap Wien Rimba Raya.

Pria yang juga menjadi formatur pemilihan pasangan bakal calon bupati/wali kota dari PA untuk seluruh Aceh ini menambahkan, deklarasi pasangan cagub/cawagub kemungkinan akan diserentakkan dengan deklarasi pasangan bakal calon bupati/wakil bupati, serta wali kota/wakil wali kota yang diusung serta didukung Partai Aceh di seluruh Aceh.(nal) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id