Peringati Harkitnas, KAMMI Demo di Sp Lima | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peringati Harkitnas, KAMMI Demo di Sp Lima

Foto Peringati Harkitnas, KAMMI Demo di Sp Lima

BANDA ACEH – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh, Jumat (20/5) siang, sekitar pukul 14.00 WIB berunjuk rasa di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh. Aksi yang dilaksanakan meperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) itu, mahasiswa meggugat pembajak reformasi.

Aksi itu digelar sekitar satu jam, belasan mahasiswa itu datang dengan membawa spanduk dan poster, mereka melakukan orasi secara bergantian. Serta menyampaikan pernyataan sikap dan tuntutan KAMMI Aceh.

Koordinator aksi, Tarmizi menyampaikan reformasi merupakan tonggak awal negara lepas dari pemerintah yang tidak demokrasi, sentralisasi, dan KKN. Namun 18 tahun setelah reformasi, praktik serupa kembali muncul, seperti korupsi dan penegakan hukum yang runcing ke bawah.

Dalam aksi itu, KAMMI menuntut negara mengadili semua pelanggar hukum tanpa memandang status dan jabatan, serta memberi hukuman berat bagi koruptor, sebagai upaya menghilangkan budaya korupsi di negara ini.

“Kami juga meminta pemerintah merealisasikan semua yang berkaitan dengan kekhususan Aceh, seperti yang diamanatkan dalam UU No.11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, jadi kami berkesimpulan otonomi daerah harus diberikan seluas-luasnya,” ujar tarmizi.

Terakhir, mereka menuntut agar negara dapat meminimalisir penguasaan dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia oleh pihak asing. Karena bertentangan dengan pasal 33 UUD 1945. (mun) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id