Simeulue Minta KMP Teluk Sinabang tak Dialihkan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Simeulue Minta KMP Teluk Sinabang tak Dialihkan

Foto Simeulue Minta KMP Teluk Sinabang tak Dialihkan

* Antisipasi Arus Penumpang Selama Puasa

SINABANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, meminta KMP Teluk Sinabang yang kini masih dalam perbaikan di Sabang tidak dialihkan ke wilayah lain. Sebab, kapal lambat tersebut dibutuhkan untuk melayani rute penyeberangan laut yang menghubungkan Simeulue dengan daratan Aceh.

Selain itu untuk saat ini transportasi laut yang menghubungkan wilayah kepulauan itu hanya dilayani satu kapal lambat sejak KMP Teluk Sinabang masuk perawatan rutin tahunan. “Informasi secara resmi memang belum kita terima bahwa kapal KMP Teluk Sinabang akan dioperasikan ke rute lain. Namun info yang beredar menyebutkan akan membantu rute pelayaran Sabang-Banda Aceh. Tentu kita sangat khawatir mengingat dengan satu kapal lambat saja banyak terjadi antrean,” kata Wakil Bupati Simeulue Hasrul Edyar, kepada Serambi, Jumat (20/5).

Dia sebutkan pihaknya berharap agar gubernur dan pihak terkait dapat memahami persoalan transportasi yang dialami wilayah itu apabila hanya dilayani satu kapal lambat.  “Apalagi dalam waktu dekat ini memasuki bulan Ramadan. Banyak warga Simeulue yang pulang kampung, kita menghindari terjadinya antrean panjang baik barang maupun penumpang,” jelas Hasrul.

Disebutkan dengan jarak tempuh perjalanan laut ke Simeulue mencapai 8-9 jam, hal tersebut tidak mungkin dapat mengantisipasi membludaknya arus barang maupun penumpang saat bulan Ramadan dengan menambah armada kapal kayu. “Kita memohon dengan sangat supaya ini menjadi pertimbangan bagi semua pihak,” ujarnya.

Ia juga berharap agar para pihak kembali duduk bersama untuk membahas persoalan ini agar masyarakat yang menggunakan jasa pelayaran kapal lambat tidak dirugikan.(sm)

alasan pemkab
* KMP Simeulue dibutuhkan untuk melayani rute penyeberangan laut yang menghubungkan Simeulue dengan daratan Aceh
* Untuk saat ini transportasi laut yang menghubungkan wilayah Simeulue hanya dilayani satu kapal lambat sejak KMP Teluk Sinabang masuk perawatan rutin
* Mengantisipasi lonjakan penumpang dan barang selama Ramadan (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id