Pedagang Berdatangan ke Sabang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pedagang Berdatangan ke Sabang

Foto Pedagang Berdatangan ke Sabang

* Jelas FSF III

SABANG – Menjelang pelaksanaan Festival Sabang Fair (FSF) ke-III yang digelar di Arena Sabang Fair 22-25 Mei 2016 mendatang, kini para pedagang mulai berdatangan dan mendirikan tenda di sekitar arena tersebut. Selain itu, sebanyak enam unit kapal juga siap melayani pelayaran Ulee Lheue-Balohan Sabang dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sabang, Irawadi SE yang dihubungi Serambi Selasa (17/5) mengatakan, perhelatan Festival Sabang Fair (FSF) ke III tinggal tiga hari lagi. Rombongan peserta FSF dari 23 kabupaten/kota diperkirakan mulai Rabu (18/5) hari ini akan berdatangan ke Pulau Weh.

Dikatakan, meski jumlah pengunjung yang datang untuk menyaksikan ajang dalam rangka menyambut HUT ke-51 Kota Sabang itu diperkirakan lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa, namun dipastikan tidak ada kendala dalam pelayanan pengangkutan dan barang dari Sabang-Ulee Lheue, Banda Aceh, atau sebaliknya.

Karena kini enam unit kapal akan melayani penumpang yaitu tiga unit kapal lambat yaitu KMP Tanjung Burang, KMP Papuyu dan KMP Teluk Sinabang, tambah tiga unit kapal cepat yakni, KM Express Cantika 89, KM Express Bahari 3B dan KM Express Bahari 2F.

Irawadi menambahkan, meski pelaksanaan FSF masih lama, namun sejumlah pedagang dari daratan mulai berdatangan ke Sabang. Bahkan para pedagang kaki lima itu juga sudah mulai memasang tenda di sekitar areal Arena Sabang Fair.

Sementara Kabid Kebudayaan Pariwisa Disbudpar Sabang, Ramlan Yahya SAg mengatakan, FSF ke-III yang berlangsung pada 21 sampai 25 Mei 2016, itu dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Sabtu (21/5) malam.

FSF ini akan diawali dengan pawai budaya yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Aceh, serta dihiasi atraksi tarian Barongsai. Pawai budaya dan tarian Barongsai itu digelar pukul 16.30 WIB, usai shalat Ashar. Pawai budaya dengan rute depan Kantor Wali Kota-Simpang Garuda-Jalan O Surapati dan Sabang Fair itu dijadwalkan dilepas oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

FSF ke-II ini akan memperlombakan 6 materi perlombaan, terdiri dari, pawai budaya, lomba anjungan pameran kreatifitas daerah, musik etnik kolaborasi Aceh modern, lomba cagok/lawak Aceh dan musikkalasi puisi. “Untuk lomba budaya pada FSF ke III panitia menyediakan doorprize sebagai upaya untuk merangsang peserta,”katanya.(az) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id