Gugatan Peneken Mou Berlanjut ke Tahap Mediasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gugatan Peneken Mou Berlanjut ke Tahap Mediasi

Foto Gugatan Peneken Mou Berlanjut ke Tahap Mediasi

BANDA ACEH – Setelah menunggu lama, sidang gugatan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) terhadap peneken MoU Helsinki kembali dilanjutkan di Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh, Selasa (17/5). Majelis hakim memutuskan agar gugatan tersebut diselesaikan lebih dahulu melalui mediasi dengan hakim mediator, Juandra SH.

Pada sidang kemarin hadir dari pengugat, Safaruddin SH, Facrurazi, dan Yudhistira Maulana. Sedangkan dari tergugat I (Gubernur Aceh) diwakili kuasa hukumnya, M Nurdin SH, tergugat V (DPRA), Burhanuddin SH, dan tergugat III (Presiden RI), Askari SH dari Kejati Aceh.

Sementara tergugat yang tidak hadir adalah Malik Mahmud selaku tergugat II dan Martti Ahtisaari sebagai mediator perdamaian GAM-RI selaku tergugat IV. Sidang mediasi dilakukan untuk menemukan penyelesaian secara musyawarah, tapi apabila tidak ada kesepakatan akan dilanjutkan dengan sidang pokok gugatan. “Untuk sidang lanjutan kita menunggu panggilan dari PN,” kata Safaruddin kepada Serambi.

Sebelumnya, YARA menggugat para peneken MoU Helsinki ke PN Banda Aceh pada Jumat 13 November 2015. Gugatan tersebut diajukan karena sampai sekarang belum dibentuk Komisi Bersama Penyelesaian Klaim (Join Claims Settlement Commision) sebagaimana diamanahkan dalam perjanjian MoU Helsinki Poin 3.2.6. Gugatan yang sama juga sudah pernah diajukan pada Oktober 2013.(mas) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id