YARA Serahkan Draf Qanun Bantuan Hukum Gratis ke DPRA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA Serahkan Draf Qanun Bantuan Hukum Gratis ke DPRA

Foto YARA Serahkan Draf Qanun Bantuan Hukum Gratis ke DPRA

BANDA ACEH – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH, Selasa (17/5) menyerahkan draf Qanun Bantuan Hukum Gratis kepada Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh SH di Gedung DPRA. Penyerahan itu dilakukan seusai rapat kerja tentang pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin di Aceh.

Safaruddin kepada Serambi menjelaskan, draf qanun tersebut sudah lama dipersiapkan pihaknya. Bahkan, pihaknya juga telah menguji draf tersebut dengan mengadakan seminar yang difasilitasi oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“YARA menggagas Qanun Bantuan Hukum Gratis bagi masyarakat miskin di Aceh guna memenuhi kebutuhan permintaan bantuan hukum dari masyarakat miskin di Aceh. Karena selama ini permintaan bantuan hukum pada YARA dalam satu tahun mencapai dua ratus orang lebih,” katanya.

Padahal, sejak 2012, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggaran bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin di seluruh Indonesia dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Tapi, anggaran itu belum memenuhi kebutuhan masyarakat mengingat tingginya permintaan bantuan hukum dari masyarakat, sementara dana yang disediakan pemerintah sangat terbatas.

“Karena itu, YARA sangat mengapresiasi DPRA dan Gubernur Aceh yang sigap merespon kebutuhan masyarakat dengan memberikan layanan bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin,” kata Safaruddin.

Sebelumnya, Komisi I DPRA menggelar rapat kerja dengan Kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh, Edrian SH, Kepala Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Aceh, YARA, LBH Banda Aceh dan beberapa organisasi advokat lainnya. Dalam rapat itu, DPRA berjanji akan mengoptimalkan regulasi tersebut dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) ataupun langsung pembentukan qanun.(mas) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id