Illiza Penuhi Undangan UCLG ke Markas PBB | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Illiza Penuhi Undangan UCLG ke Markas PBB

Foto Illiza Penuhi Undangan UCLG ke Markas PBB

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE memenuhi undangan Sekjen United Cities for Local Governments (UCLG) mengikuti “Habitat III Hearing for Local Authorities” sebagai bagian dari “The Global Taskforce of Local and Regional Government” di Kantor Pusat PBB, New York, Amerika Serikat, 15-17 Mei 2016.

“Mengingat peran Banda Aceh dan kontribusi yang selama ini telah diberikan pada berbagai even dan aktivitas internasional, maka UCLG bersama dengan UN kembali mengundang kita untuk menjadi pembicara sebagai perwakilan dari pemerintah lokal di Asia Pasifik,” kata Illiza melalui saluran telepon internasional dari New York, Selasa (17/5) sore WIB.

Dijelaskan Illiza, tujuan utama penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan feedback terhadap Zero Draft tentang Agenda Kota Baru (New Urban Agenda) dalam bentuk kajian awal. “Hasilnya nanti sebagai bahan kajian awal untuk menyongsong penyelenggaraan PrepCom3 di Surabaya, 25-27 Juli 2016,” katanya.

Di samping itu, sambungnya, dalam kegiatan ini Pemerintah Kota Banda Aceh diharapkan dapat mengambil peluang untuk menggapai sejumlah tujuan lainnya. “Salah satunya untuk membuktikan komitmen dan kontribusi Banda Aceh terhadap dunia khususnya Asia, terhadap pencapaian SDG’s yang dilakukan secara lokal seperti mitigasi bencana, adaptasi terhadap perubahan iklim, dan kesetaraan gender.

Tujuan lainnya untuk meningkatkan jejaring dan hubungan Banda Aceh dengan beberapa kota di dunia dan bekerjasama dengan berbagai organisasi internasional dalam menciptakan kota masa depan yang berkesinambungan (sustainable future city).

Seperti diketahui, Banda Aceh merupakan anggota tetap United Cities for Local Governments-Asia Pacific Regions (UCLG-ASPAC). Dengan pengalaman sebagai salah satu kota di dunia yang berhasil bangkit pascabencana gempa bumi dan tsunami 2004, Banda Aceh ikut aktif berkontribusi kepada dunia melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh UCLG dari 2015.

Senin , 16 Mei 2016, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal bersama delegasi dari UCLG-ASPAC beramah-tamah dengan Sekjen PBB, Ban Ki-Moon pada acara coffee and picture di Kantor Pusat PBB, New York.

Pada pertemuan singkat tersebut, Illiza memperkenalkan diri sebagai Chair of The Standing Committe on Women UCLG-ASPAC dan Ketua Forum Komunikasi Kabupaten/Kota se-Aceh (FKKA).

Selama di New York, Illiza mengikuti serangkaian acara “Habitat III Hearing for Local Authorities” sebagai bagian dari “The Global Taskforce of Local and Regional Government”.

Ban Ki-Moon secara khusus mengapresiasi kehadiran Illiza dalam forum PPB sehingga pihaknya dapat mendengarkan langsung kemajuan pembangunan berkelanjutan di Banda Aceh, guna mewujudkan kemajuan dunia secara serentak.

Usai mengikuti serangkaian acara di Kantor Pusat PBB, Illiza memenuhi jamuan makan siang Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowolekseno di Kantor Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di New York. Malamnya, di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Illiza bertemu sejumlah WNI yang tinggal di New York.

Selasa kemarin, Illiza menjadi salah satu pembicara pada acara Second World Assembly-Habitat III: Hearings of Local Authorities, di Conference Room I, Kantor Pusat PBB. Acara tersebut dihadiri para Wali Kota dari wilayah Asia Pasific, Eropa, Eurasia, Timur Tengah dan Asia Barat, Amerika Latin dan Karibia, Amerika Utara, dan Afrika. Dari Indonesia, selain Wali Kota Banda Aceh juga Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.(nas) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id