Sengketa Ganti Rugi Tanah Berakhir Damai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sengketa Ganti Rugi Tanah Berakhir Damai

Foto Sengketa Ganti Rugi Tanah Berakhir Damai

* Antara Warga Atim dengan PT Medco

IDI – Sengketa ganti rugi tanah antara warga tiga kecamatan di Aceh Timur dengan PT Medco E&P Malaka, akhirnya berakhir damai. Pihak perusahaan Migas itu berjanji akan menuntaskan persoalan ganti rugi tanah warga dengan mengikuti Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) setempat.

Atas adanya kesepakatan kedua pihak ini, pembayaran ganti rugi pun akan dilakukan segera setelah turunnya tim Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Tim Sembilan Pemkab Aceh Timur ke lokasi lahan yang akan dibebaskan.

“Pembangunan proyek Migas di daerah ini tidak boleh terhambat. Soal ganti rugi tanah akan dibayar pihak PT Medco dalam beberapa bulan ke depan,” kata Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib, saat turun ke lokasi lahan sengketa di Kecamatan Indra Makmu, Selasa (17/5).

Selain tanah, pihak PT Medco juga diminta mengganti kerugian lahan kebun dan sawah yang mengalami longsor, akibat pembuatan jalan oleh PT Medco.

Saat proses penyelesaian ganti rugi tanah masyarakat dilakukan, ternyata ditemukan kasus lain, yakni adanya sertifikat ganda yang resmi dikeluarkan BPN. Artinya, ada dua sertifikat resmi yang dimiliki oleh dua warga untuk satu lahan yang sama.

“Untuk tanah yang bersertifikat ganda, harus memiliki penetapan hukum di Pengadilan Negeri (PN) Idi, dan kedua pemilik sertifikat harus membawa persoalan ini ke ranah hukum, sebelum dilakukan pembayaran ganti rugi,” saran H Hasballah HM Thaib.(c49) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id