Banjir di Aceh Jaya Surut Total | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Banjir di Aceh Jaya Surut Total

Foto Banjir di Aceh Jaya Surut Total

CALANG-Banjir yang menerjang dua kecamatan di Aceh Jaya, Kecamatan Pasie Raya dan Teunom, telah surut secara totol, Selasa (17/5). Banjir yang merendam ratusan rumah warga sejak Minggu dan Senin itu, tidak ada korban jiwa.

“Banjir susulan yang menerjang daerah kita juga belum ada laporan dari para kepala desa yang ada kerusakan fasilitas umum saat ini. Namun, kerugian warga akibat banjir itu, telah menghentikan aktifitas para petani selama dua hari,” kata Ifan Murdani, Camat Pasie Raya, Aceh Jaya kepada Serambi, Selasa (17/5).

Ia menambahkan, untuk data rincian jumlam padi dan tanaman lainnya, pihaknya mengaku masih mengumpulkan data dari semua keuchik yang desanya ikut terendam. Sehingga belum bisa dipastikan dengan jelas terhadap jumlahnya, namun secara kasat mata dapat dilihat padi dan tanaman lainnya telah terendam banjir yang bisa berdampak pada gagal penen.

Sementara akibat banjir juga membuat sebagian warga tidak berdaya dan tidak bisa bekerja untuk mencari riski di kebun masing-masing. Alasannya, karena disibukkan dengan membersihkan rumah dan merapikan kembali isi rumah yang sempat berantakan paska banjir.

Disebutkan, dampak bajir sejak beberapa tahun terakhir ini semakin dirasakan oleh warga yang disebabkan kerusakan tanggul di kawasan Pulo Tinggi. Desa Pulo Tinggi tersebut berada pada dataran rendah, sehingga ketika terjadi luapan Krueng Teunom air langsung ke desa itu, ditambah tidak adanya penahan air berupa tanggul.

Dikatakan Camat Pasie Raya, ekses banjir tersebut selain merendam padi, juga merendam sejumlah tanaman lainnya, seperti cabee, kacang yang dapat mengakibatkan gagalnya panen. “Kita berharap adanya keterlibat semua pihak untuk mencari solusi dalam mengatasi banjir ini,” ujar Ifan Murdani.(c45) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id