Sopir Taksi Bandara Demo Angkasa Pura | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sopir Taksi Bandara Demo Angkasa Pura

Foto Sopir Taksi Bandara Demo Angkasa Pura

BANDA ACEH – Puluhan sopir angkutan bandara (taksi bandara) Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Senin (16/5) melakukan mogok operasi. Mereka mendatangi Kantor PT Angkasa Pura II yang berada di Kompleks Bandara SIM, menuntut agar pengelola mengakui koperasi mereka sebagai pengoperasi taksi bandara.

Amatan Serambi kemarin, puluhan sopir taksi mendatangi Kantor Angkasa Pura dengan mengendarai angkutan mereka berupa Avanza, Kijang Innova, dan APV. Namun beberapa pewakilan melakukan pertemuan dengan pimpinan Angkasa Pura, guna menyampaikan tuntutan para sopir. Akibatnya, sejumlah penumpang di bandara tidak menemukan angkutan untuk menuju kota.

Hasanuddin, seorang sopir taksi kepada Serambi kemarin mengatakan, sejak tiga tahun terakhir para sopir angkutan bandara ini berada dibawah naungan koperasi milik TNI AU. Namun sejak empat bulan lalu mereka kembali mengaktifkan Koperasi Aceh Bersama (Kopama). Koperasi itu diajukan kepada PT Angkasa Pura II sebagai badan usaha yang menaungi para sopir taksi. Koperasi itu sendiri sudah didirikan sejak tahun 1995.

“Namun sudah empat bulan pihak Angkasa Pura tidak juga menandatangani persetujuan koperasi Kopama sebagai operator resmi taksi bandara, padahal para sopir itu semua warga di sekitar bandara,” ujar Hasanuddin.

Menurutnya, saat ini semua berkas administrasi sudah dilengkapi, bahkan para sopir sudah menyiapkan id card, baju seragam, hingga tarif. Menurutnya, saat ini ada sekitar 90-an warga Blangbintang yang berprofesi sebagai sopir taksi bandara.

Sementara General Manajer PT Angkasa Pura II, Surahmat mengatakan, akan mengkaji dulu mulai administrasi hingga kapasitas parkir kendaraan di bandara. “Selama ini kita sudah bekerja sama dengan koperasi TNI AU dalam masalah angkutan bandara, karena menyangkut dengan keamanan dan ketertiban bandara SIM. Kita juga mengkhawatirkan kedepan akan banyak badan usaha yang mengajukan izin serupa,” ujar Surahmat.(mun) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id