Mengapa Dana Cepat Habis? Ini Alasan Ketua DPRA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mengapa Dana Cepat Habis? Ini Alasan Ketua DPRA

Foto Mengapa Dana Cepat Habis? Ini Alasan Ketua DPRA

KETUA DPRA, Tgk Muharuddin menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan dana perjalanan dinas anggota DPRA cepat menipis. Di antaranya, sejak bulan Januari dana perjalanan dinas sudah dipakai, terutama setelah pengesahan RAPBA 2016 pada akhir Januari.

Saat itu, menurut Muharuddin, pimpinan DPRA bersama sejumlah anggota Banggar DPRA dan anggota TAPA berangkat ke Jakarta untuk konsultasi dan klarifikasi dokumen APBA 2016 yang telah disahkan.

Setelah turun klarifikasi Mendagri terhadap APBA 2016 yang telah disahkan, pihak Mendagri meminta biaya perjalanan dinas legislatif dan eksekutif dikurangi kembali karena dinilai terlalu besar, sehingga mengurangi pos belanja langsung untuk publik.

Saran Mendagri, kata Muharuddin, disikapi pihaknya dengan mengurangi besaran dana perjalanan dinas anggota dewan, baik untuk dalam daerah maupun luar daerah. Tapi, kata dia, seberapa besar pengurangan dana perjalanan dinas itu, yang tahu adalah pihak Sekretariat DPRA.

Penyebab lainnya, kata Muharuddin, pada tahun 2016 untuk biaya perjalanan dinas gubernur mengeluarkan pergub baru, yang menaikkan biaya perjalanan dinas per item untuk legislatif dan eksekutif. Kenaikan itu juga bisa menjadi faktor penyebab pagu dana perjalanan dinas anggota dewan menjadi cepat menipis. Misalnya, uang harian perjalanan dinas, biasanya Rp 400.000, kini dinaikkan menjadi Rp 750.000

Dalam rapat Banggar Dewan dengan TAPA, kata Muharuddin terungkap yang mengalami kekurangan pagu dana perjalanan dinas itu tidak hanya pihak legislatif. “Pihak eksekutif juga melaporkan kepada kami bahwa mereka mengalami hal yang serupa (kekurangan biaya perjalanan dinas) karena faktor yang sama,” kata Muharuddin. Namun, sejauh mana kebenaran laporan yang menyebutkan pihak eksekutif juga mengalami krisis dana perjalanan dinas, belum diperoleh konfirmasi untuk itu.(her) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id