Gubernur Segera Panggil Pimpinan PLN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Segera Panggil Pimpinan PLN

Foto Gubernur Segera Panggil Pimpinan PLN

MEULABOH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan pihaknya segera memanggil pimpinan PLN untuk mempertanyakan krisis listrik yang terjadi di Aceh selama ini.

“Kita akan pertanyakan mengapa listrik dari Aceh dialiri ke Sumatera Utara, padahal di sana kan sudah bagus,” kata Zaini menjawab wartawan saat berada di Meulaboh, Sabtu (14/5).

Menurut Zaini, pemanggilan pimpinan PT PLN Aceh sekaligus untuk mencari tahu penyebab pemadaman listrik yang selama ini dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat Aceh.

Ditanya apakah Aceh selama ini dibohongi lantaran sumber energi yang ada di daerah ini justru dibawa ke luar Aceh, Zaini mengaku tidak tahu.

“Mengapa listrik di Aceh dibawa ke sana (Sumut), nggak tahu saya apa kita dibohongi atau tidak, kenyataannya kita selama ini gelap (padam listrik),” tandas Gubernur Zaini Abdullah.

Sementara itu Pimpinan PLTU Nagan Raya memastikan selama Ramadhan tahun ini listrik tetap aman. Terjaminnya pasokan listrik selama bulan puasa karena dua unit pembangkit berkapasitas 2×100 MW di Nagan Raya kini telah beroperasi secara normal.

“Insya Allah, apabila tidak ada gangguan alam, suplai listrik tetap aman termasuk pada bulan Ramadhan nanti,” kata Pimpinan PLTU Nagan Raya, Andi Makkasau menjawab Serambi, Jumat (13/5) siang.

Dikatakannya, selama ini terjadi pemadaman listrik karena harus melakukan pemeliharaan pembangkit. Pada saat bersamaan, pembangkit listrik di Lhokseumawe juga berhenti operasi karena permasalahan pasokan gas.

Saat ini, lanjut Andi Makkasau, cadangan listrik dari dua pembangkit di PLTU Nagan Raya mencapai 40 MW dan diharapkan cadangan itu mampu menghindari pemadaman. Faktor gangguan alam selama ini merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan listrik kepada pelanggan di Aceh, katanya.

Laporan lain yang diterima Serambi menyebutkan, PLTU Media Group 10 MW, sejak Kamis (12/5) rampung diperbaiki. Begitu juga jaringan kabel bawah tanah di Suak Puntong yang sempat terganggu sudah ditangani.

Humas PLN Area Meulaboh, Rusydi mengatakan, perbaikan PLTU Media Group di Kuta Makmue, Kecamatan Kuala, Nagan Raya sebelumnya dijadwalkan rampung 15 Mei, tetapi bisa lebih cepat. Pemberlakuan pemadaman bergilir di Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Nagan Raya sudah dicabut.(edi/riz) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id