Rektor Buka Unsyiah Games | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rektor Buka Unsyiah Games

Foto Rektor Buka Unsyiah Games

* Lombakan Lima Cabor

BANDA ACEH – Memperingati Milad Ke-55 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar Unsyiah Games I dari 14 hingga 22 Mei 2016. Unsyiah Games yang diberi tema ‘Kolaborasi Harmoni Olahraga dan Seni dalam Mencetak Generasi Emas Unsyiah yang Gemilang’ itu dibuka Rektor Samsul Rizal di Lapangan Gelanggang Mahasiswa Unsyiah, kemarin.

Ketua Panitia, Mufti Akbar, Sabtu (14/5) mengatakan, Unsyiah Games I mempertandingkan lima cabang olahraga masing-masing futsal, bola voli (putra/putri), bola basket (putra/putri), catur (putra/putri) dan bulutangkis (ganda putra/ganda putri). Pertandingan tersebar pada sejumlah venue di Unsyiah.

Dalam even tahunan itu, katanya, sebanyak 450 atlet dari 12 fakultas di lingkungan Unsyiah mengikuti Unsyiah Games I. Selain memperebutkan juara setiap cabang olahraga, even tahunan itu juga memperebutkan Piala Bergilir Rektor Unsyiah bagi fakultas yang paling banyak mengumpulkan medali. “Atlet dari fakultas yang terbanyak mengumpulkan medali akan meraih juara piala bergilir Rektor Unsyiah,” ujar Mufti Akbar.

Selama bertanding, katanya, mereka mendatangkan wasit dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unsyiah dan Pengurus Provinsi (Pengprov) lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Dengan mendatangkan wasit profesional, diharapkan menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mewakili Unsyiah pada masa mendatang. “Unsyiah Games menjadi ajang seleksi mahasiswa berprestasi di Unsyiah,” ujar Mufti Akbar.

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal MEng mengatakan, Unsyiah Games I akan membentuk lulusan yang sehat secara fisik, memiliki etika, daya saing, daya juang dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia. Ia mengatakan, cikal-bakal Unsyiah Games ini dimulai pada tahun 1971 saat Rektor Unsyiah, Prof Ibrahim Hasan. Saat itu, hanya mempertandingkan cabang sepakbola, kemudian even itu berhenti. Lalu dimulai lagi pada tahun 1998, setelah itu berhenti selama karena komplik Aceh. “Tahun ini akan dimulai lagi dengan Unsyiah Games I yang mempertandingkan lima cabang olahraga,” ujar Samsul Rizal.

Pada pembukaan Unsyiah Games I, kemarin, rektor yang didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alfiansyah Yulianur melepaskan 55 balon yang melambangkan Milad Ke-55 Unsyiah. Pembukaan juga diriringi atraksi beladiri dari atlet-atlet Taekwondo, Kempo, Tarung Derajat dari UKM Unsyiah.(min) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id