Listrik Sering Padam, Pasien Kecewa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Listrik Sering Padam, Pasien Kecewa

Foto Listrik Sering Padam, Pasien Kecewa

IDI-  Sejumlah pasien di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, mengeluh lantaran sering matinya listrik. Ada pasien yang bahkan memilih pulang karena tidak tahan pansnya ruangan rawat inap. Musa (45) orang tua dari pasien Hasan (17), pasien di bagian saraf mengaku  kecewa dengan pelayanan fasilitas listrik di RSUD dr Zubir Mahmud tersebut.

Musa yang asal Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, itu memutuskan untuk berhenti menjalani pengobatan rawap inap dan memilih berobat jalan saja.

“Anak saya Hasan, sudah saya bawa pulang karena sudah tidak tahan menjalani pengobatan rawat inap di RSUD dr Zubir Mahmud, karena listriknya sering padam, sehingga pasien terasa seperti dalam open karena kepanasan,” ungkap Musa kepada Serambi, Jumat (13/5). Kepada Serambi, Musa mengaku sudah seminggu menjalani pengobatan rawat inap di RSUD dr Zubir Mahmud. Selama 5 hari di ruang ICU, kata Musa, listriknya tidak mati, namun setelah pindah ke ruangan rawat inap penyakit dalam sejak Kamis hingga Jumat (12-13/5), listrik berulang kali padam. “Setelah dua hari kami menjalani rawat inap di ruangan penyakit dalam,  listrik siang malam padam. Tapi anehnya, hanya ruangan kami yang mati, sementara ruang yang lain tidak. Seharusnya kalau mati, ya mati semua,” ungkap Musa.

Akibat mati lampu itu, kata Musa, AC dan kipas angin tidak hidup, sehingga ruangan menjadi panas. Disebutkannya, di ruangan rawat inap penyakit dalam itu, listrik padam mulai Kamis (12/3) sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Setelah itu listrik hidup sekitar pukul 18.00 WIB, namun mati lagi pukul 22.00 WIB.

”Setelah kami berontak baru petugas menghidupkannya. Saat itu kami juga tanyakan kepada petugas. Kata petugas, listrik mati karena tidak cukup daya. Setelah itu, Jumat (13/5) sekitar pukul 08.00 WIB listrik mati lagi, karena ngak tahan lagi, makanya saya keluar dan membawa anak saya pulang ke rumah,” ungkap Musa.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Zubir Mahmud T Iskandar Rizal SpPD, menyampaikan permohonan maaf  terkait keluhan sejumlah pasien akibat listrik kerap mati di rumah sakit yang dipimpinnya. “Dua hari yang lalu arus PLN tidak stabil, sehingga satu unit travo kami ada yang terbakar, termasuk  beberapa alat kesehatan juga ada yang rusak. Sehingga kami harus menggunakan genset, sedangkan arus dari genset harus diprioritaskan ke ruangan tertentu seperti ruang operasi, ICU, IGD, dan kamar bersalin,” ungkap T Iskandar kepada Serambi, Jumat (13/5).

Akibat travo rusak dan keterbatasan arus genset, kata T Iskandar, pihaknya terpaksa melakukan pemadaman sementara untuk ruangan di poliklinik dan ruangan rawat inap. “Travo yang rusak saat ini sedang diperbaiki oleh pihak PLN,” kata dia.(c49) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id