771 Warga Terjaring Razia | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

771 Warga Terjaring Razia

Foto 771 Warga Terjaring Razia

* Disdukcapil Aceh Tengah Sosialisasikan e-KTP

TAKENGON – Sebanyak 771 warga di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, terjaring razia pengamanan dan perlindungan identitas diri karena belum mengantongi elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Operasi perlindungan identitas diri yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah selama dua hari difokuskan di sejumlah titik di daerah itu.

Dalam kegiatan tersebut, Disdukcapil Aceh Tengah, melibatkan sejumlah anggota Satlantas Polres Aceh Tengah, Satpol PP dan petugas dari Dishubkominfo. “Hasil dari kegiatan operasi ini tercatat 771 warga Aceh Tengah ternyata belum memiliki KTP,” kata Kadisdukcapil Aceh Tengah, Drs H Irsyad, Jumat (13/5).

Dia berharap dari kegiatan ini akan muncul kesadaran masyarakat untuk segera mengurus identitas diri. Disampaikan, dalam operasi pengamanan dan perlindungan identitas diri pada 11-12 Mei dilaksanakan di tiga titik yakni ruas jalan Takengon-Isak, tepatnya di kawasan Tan Saril, jalan Bireuen Takengon, Kampung Mongal dan di jalan Sengeda, Kota Takengon.

“Operasi ini, meliputi pemberian informasi langsung kepada masyarakat tentang tata cara kepengurusan dan syarat pembuatan elektronik KTP, “ jelasnya. Menurut Irsyad, kegiatan itu merupakan bentuk langsung pelayanan kepada masyarakat dalam mendapatkan e-KTP, serta mendorong masyarakat melengkapi hak kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

“Tim gabungan juga membagikan brosur dan leaflet, sehingga informasi mengenai kepengurusan identitas diri yang mudah dan gratis dapat langsung diketahui masyarakat,” sebutnya. Disebutkan, bagi masyarakat yang belum mengantongi e-KTP diharapkan untuk segera melakukan pengurusan, sehingga pada 2017 mendatang seluruh data kependudukan telah tervalidasi dengan baik pada server database Disdukcapil Aceh Tengah.

“Ini semua demi kepentingan kita bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Disamping itu, identitas diri merupakan sesuatu yang sangat penting untuk sejumlah keperluan,” ujar Irsyad. Sebelumnya, koordinator kegiatan, Kuswarno SE melalui operasi ini akan dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kepengurusan identitas diri yang mudah dan gratis.

Disampaikan, masyarakat yang belum memiliki e-KTP agar segera mengurus, karena merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi pemerintahan.(my)

sosialisasi e-ktp
* Seputaran Kota Takengon
* Brosur dan leaflet dibagikan
* Identitas pengendara diperiksa
* Sebagian tidak memiliki KTP
* Diminta segera mengurus
* Tidak dikutip biaya alias gratis (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id