Berencana Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Ini Sebelum Menukarkan Uang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Berencana Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Ini Sebelum Menukarkan Uang

Foto Berencana Ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Ini Sebelum Menukarkan Uang

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH – Melakukan perjalanan ke luar negeri memang membutuhkan persiapan yang cukup matang.

Selain anda memastikan kenyamanan dalam perjalanan, persoalan tukar menukar mata uang sesuai negara tujuan juga penting. Seperti yang dituturkan oleh Maisarah Jumaidi, salah seorang Customer Service (CS) pada salah satu Bank berplat merah di Banda Aceh.

1. Menukarkan Uang Seperlunya

Berkunjung ke luar negeri apalagi plesiran, pasti mengharuskan anda membawa uang dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu anda harus memilah milah tiap pos pengeluaran selama berada di negara tujuan tersebut.

Maisarah menyebutkan ada baiknya anda membawa uang seperlunya saja.

“Baiknya untuk keamanan ya ditukar seperlunya saja, agar liburannya lebih nyaman,” ujarnya. Jadi akan sangat membantu jika anda sudah menyiapkan catatan kemana saja uang tersebut akan anda pergunakan.

2. Manfaatkan kemudahan dalam Berbelanja

Di zaman sekarang ini, layanan perbankan memang sudah semakin canggih. Anda pun bisa memanfaatkannya selama di luar negeri. Tidak ingin ribet membawa uang yang banyak? Simpan saja dalam rekening.

“Nantinya sewaktu berbelanja, gunakan ATM yang ada logo Visa. Jadi bisa dipakai dimanapun bahkan di luar negeri. Nanti nilai uang akan terkonversi di negara kunjungan,” jelasnya kepada aceh.Uri.co.id, Rabu (11/05/2016).

3. Perhitungkan Waktu Penukaran Uang

Mengingat nilai kurs yang fluktuatif, ada baiknya anda menukarkan uang jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini akan membantu anda menemukan nilai tukar yang bagus.

Beberapa sumber di internet pun menyebutkan, seminggu bahkan dua minggu sebelum berangkat merupakan waktu yang tepat untuk menukar uang. Jangan lupa, perhatikan perubahan kurs. Selisih Rp. 100 saja bisa beda nilainya kalau anda menukar uang dengan jumlah banyak.

4. Perhatikan Mata Uang yang Ingin Anda Tukar

Nah ini menjadi penting, jika mata uang yang ingin anda tukar sulit ditemukan di kota anda. Misalnya Japannesse Yen atau Yen Jepang, menurut Maisarah mata uang ini agak jarang ada di Banda Aceh.

“Mata uang ini yang menukar tidak sebanyak USD, maka susah mencari uang pecahannya. Kalaupun ada, dalam bentuk 10.000 an,” pungkasnya. (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id