7 Trik Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

7 Trik Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

Foto 7 Trik Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

aceh.Uri.co.id – Walaupun resume Anda penting, tapi surat pengantar lamaran kerja sangat menentukan impresi pertama Anda.

Perlu kita akui, kompetisi kerja sangatlah ketat. Setiap harinya, calon atasan Anda menerima puluhan atau bahkan ratusan lamaran dan setelah membaca untuk kesekian kalinya, kemungkinan besar mereka akan capek dengan kalimat-kalimat yang generik.

Lalu, bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang menarik dan meraih kesempatan wawancara?

1. Gunakanlah nada yang berbeda untuk setiap perusahaan

Hindari mengirimkan surat pengantar yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pekerjaan karena mereka terlalu generik. Anda perlu memastikan bahwa nada surat Anda sesuai dengan tipe pekerjaan yang Anda inginkan. Apakah perusahaan tersebut menginginkan orang yang serius atau supel? Keduanya memerlukan cara penulisan surat yang berbeda.

2. Yakinkan calon atasan atau HRD dengan pengalaman Anda

Anda harus meyakinkan pembaca bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Hal terbaik untuk meningkatkan nilai Anda adalah dengan menghubungkan pengalaman dan keahlian yang sudah Anda kumpulkan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

3. Jadilah berbeda

Jangan ulangi apa yang Anda tulis di resume. Surat pembuka berfungsi sebagai kesempatan untuk menunjukan personalitas Anda.

4. Jangan menyebutkan kekurangan Anda

Jika mereka tidak menanyakan kelemahan atau kegagalan Anda, jangan berikan informasi tersebut secara sukarela. Simpan jawaban itu untuk wawancara Anda.

5. Fokus terhadap perusahaan, bukan diri Anda sendiri

Berusahalah sebaik mungkin untuk menunjukan bahwa Anda perduli dengan perusahaan yang Anda lamar dan bagaimana Anda ingin membantunya bertumbuh. Hindari terlalu banyak penggunaan kata “saya” atau “aku” dan tunjukan bagaimana Anda akan menjadi komponen yang membantu.

6. Panjang surat harus tepat

Batasi surat pengantar lamaran kerja Anda sepanjang satu halaman dan empat paragraf. Yang pertama adalah perkenalan, posisi yang Anda incar, dan satu kalimat yang dapat menjelaskan alasan Anda melamar dan mengapa Anda kandidat yang tepat secara ringkas.

Dua paragraf berikutnya berisi keahlian dan pencapaian Anda yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Pada paragraf ini sebutkan juga bila Anda bersedia untuk pindah atau alasan Anda berganti karir.

Paragraf terakhir harus menekankan mengapa Anda bersemangat untuk posisi tersebut serta ucapan terima kasih untuk waktu yang mereka berikan.

7. Jaga surat agar bersih

Periksa surat pengantar lamaran kerja Anda baik-baik dan mintalah orang lain untuk membaca surat Anda. Pastikan kalimat Anda konsisten dan bebas dari kesalahan penulisan.

Setelah melakukan petunjuk di atas, kini Anda telah siap untuk mengirimkan surat lamaran kerja Anda (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id