Pemilik 2 Pucuk Senjata ke Jaksa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemilik 2 Pucuk Senjata ke Jaksa

Foto Pemilik 2 Pucuk Senjata ke Jaksa

* Kasus Perencanaan Pembebasan Napi LP Langsa

LHOKSEUMAWE – Rizal Aulia, pria yang ditangkap bersama dua pucuk senjata api yang rencananya digunakan untuk pembebasan narapidana (napi) di LP Langsa, Rabu (11/5) sore, diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe, karena berkas kasus itu dinyatakan lengkap. Bersama pria asal Pidie Jaya itu, polisi juga menyerahkan dua pucuk senjata, enam butir amunisi, handphone, dan mobil pikap.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Anang Triarsono, melalui Kasat Reskrim AKP Yasir, Kamis kemarin menjelaskan, dalam perkara ini memang ada delapan tersangka. Yaitu, Rizal, pemilik senjata, dan Mahdi, penjual senjata pada Rizal, serta enam orang napi di LP Langsa. Keenam napi tersebut sekarang sudah dipindahkan ke LP Kelas 2 Lhokseumawe.

Disebutkan, penanganan perkara ini dilakukan bertahap. Untuk tahap awal, polisi hanya berupaya merampungkan berkas perakara Rizal dan Mahdi. Setelah itu baru dilanjutkan penyidikan untuk enam napi. Yasir mengatakan, berkas perkara Rizal dan Mahdi diserahkan ke Kejari Lhokseumawe beberapa minggu lalu.

Beberapa hari yang lalu, pihkanya menerima kabar dari jaksa bahwa berkas perkara Rizal sudah lengkap. “Makanya tersangka dan barang buktinya langsung kita limpahkan. Sedangkan untuk berkas perkara tersangka Mahdi, masih menunggu pernyataan dari jaksa, apakah lengkap ataupun tidak. Bila dinyatakan lengkap, juga akan langsung kita limpahkan,” kata Yasir.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe itu menambahkan, pihaknya hingga saat ini juga masih terus memburu dua pria lainnya yang diduga terlibat dalam rencana pembebasan napi di LP Langsa. Keduanya yang sudah ditetapkan sebagai DPO itu, adalah temannya Rizal yang lolos saat disergap di kawasan SPBU Blang Panyang, serta pemilik satu pucuk senjata.

Sementara itu, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Lhokseumawe, Isnawati, mengakui sudah menerima pelimpahan satu tersangka kepemilikan senpi atas nama Rizal Aulia. Usai menerima tersangka, pihaknya langsung menitipkan tersangka ke LP Kelas 2 Lhokseumawe.

“Sekarang kita sedang menyiapkan dakwaan, sehingga pekan depan kita targetkan sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Lhokseumawe,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk berkas perkara tersangka Mahdi, saat ini masih diperiksa. Beberapa hari ke depan akan dikabarkan ke polisi, apakah berkas tersebut lengkap atau belum.(bah) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id