Galus Gratiskan Raskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Galus Gratiskan Raskin

Foto Galus Gratiskan Raskin

* Pemkab Tanggung Semua Biaya

BLANGKEJEREN – Beras miskin (raskin) untuk warga tidak mampu di seluruh Kabupaten Gayo Lues (Galus) digratiskan. Pemerintah Kabupaten Galus akan menanggung seluruh biaya, mulai dari harga tebus sampai pengangkutan ke kantor desa dari gudang Bulog yang terletak di Sentang, Kecamatan Blangkejeren.

Sebelum disalurkan, Pemkab Galus meminta data penerima manfaat raskin dari seluruh penghulu atau kepala desa, sehingga tepat sasaran. Saat ini, ratusan ton raskin untuk jatah lima bulan dari Januari sampai Mei 2016 masih menumpuk di gudang Bulog, sehingga dikhawatirkan berkutu dan membusuk saat disalurkan kepada masyarakat, seperti temuan salah seorang anggota DPRA pekan lalu.

Bupati Galus Ibnu Hasim, kepada Serambi, Rabu (11/5) mengatakan seluruh raskin jatah lima bulan yang masih menumpuk di gudang Buloq akan ditebus dalam waktu dekat ini. Dia menegaskan pihaknya telah mengalokasikan biaya tebus hingga pengangkutan ke masing-masing desa, sehingga warga tidak perlu lagi membayar tebusan, seperti sebelumnya.

Ibnu Hasim menyatakan terobosan baru itu untuk meringankan beban rumah tangga sasasan penerima manfaat (RTS-PM), sehingga dana tebus yang telah dipersiapkan dapat digunakan untuk hal lain. “Pemerintah pusat memberikan subsidi 50 persen untuk harga tebus raskin, tetapi Pemkab Galus telah mengeluarkan kebijakan baru, menggratiskan raskin,” ujarnya.

Dia mengaku, urusan raskin selama ini merupakan tugas sangat berat, karena kenyataannya, dibagi secara merata oleh perangkat desa, padahal jumlah penerima hanya 7.514 kepala keluarga. “Pemkab akan menggratiskan dengan menanggung semua biaya raskin, seusai sebuah peraturan bupati tentang raskin diterbitkan,” katanya.

Disebutkan, jika Perbup Raskin dikeluarkan, maka raskin di gudang Bulog langsung ditebus untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu. Dia berharap, para penerima, mulai dari keluarga kurang mampu, miskin atau duafa untuk bersabar, karena raskin akan tetap disalurkan dalam waktu dekat ini.

Seperti dilansir sebelumnya, jatah beras miskin (Raskin) 2015 di Kabupaten Gayo Lues (Galus) belum disalurkan pihak Buloq. Dari 11 kecamatan di Gayo Lues, hanya dua kecamatan yang telah menebus raskin, sedangkan sembilan lainnya belum melakukannya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Serambi, raskin belum ditebus oleh perangkat desa melalui petugas penyaluran di kecamatan, akibat belum cairnya dana dari Pemkab Galus hingga Maret 2015. Sehingga sejumlah Rumah Tangga Miskin Penerimaam Manfaat, di Kecamatan Kutapanjang dan Blangkejeren menyatakan raskin belum diterima masyarakat.

Menanggapi hal itu, Kepala Sub Gudang Bulog Blower Blangkejeren, Hilal Kudus, Rabu (4/3/2015) mengatakan, raskin jatah Januari dan Februari serta Maret 2015 belum disalurkan. Dia mengaku telah menggelar rapat dengan pejabat Pemkab Galus, membahas penyaluran raskin tahun ini.(c40) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id