Rektor Unsyiah Larang Ospek | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rektor Unsyiah Larang Ospek

Foto Rektor Unsyiah Larang Ospek

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun ini kembali mengharamkan mahasiswa untuk menyelenggarakan atau mengikuti orientasi studi pengenalan kampus (Ospek). Larangan itu disampaikan Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dalam pemberitahuan Nomor: 2425/UN11/KM/2016 tanggal 10 Mei 2016. Sebagai gantinya, Rektor mewajibkan mahasiswa mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru).

Menurut Rektor, setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Pakarmaru yang resmi diadakan oleh universitas selama satu hari dan fakultas dua hari. “Mahasiswa baru dilarang mengikuti kegiatan apapun selain Pakarmaru. Termasuk haram mengikuti kegiatan yang diadakan mahasiswa lama dari perkumpulan apapun, baik himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) atau program studi,” tegas Prof Samsul.

Dalam pemberitahuan itu, Rektor juga menghimbau agar mahasiswa baru tak melayani permintaan untuk membayar atau memberi data, dokumen, atau pasfoto kepada mahasiswa lama atau himpunan mahasiswa jurusan dengan alasan, tujuan, bentuk, dan maksud apapun.

Sedangkan pengarahan dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa baru, menurut Rektor, akan dikoordinir Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Unsyiah. Jadi, sambungnya, tak ada pengisian KRS yang diselenggarakan atau dikoordinir oleh mahasiswa lama atau HMJ.

“Untuk mahasiswa lama dilarang menggelar kegiatan dalam bentuk apapun untuk penyambutan, pengerahan, dan pengumpulan mahasiswa baru. Mereka juga dilarang mengarahkan pengisian KRS, pengumpulan dana, data, dokumen, dan pasfoto dengan dalih apapun dari mahasiswa baru,” ujarnya.

Rektor juga meminta orang tua atau wali mahasiswa agar melarang anaknya mengikuti kegiatan apapun yang diadakan mahasiswa lama atau HMJ. “Orang tua atau wali juga perlu mengingatkan anaknya agar tak melayani permintaan membayar atau kegiatan apapun yang berhubungan dengan penerimaan mahasiswa baru,” pungkas Samsul Rizal.

Dalam pemberitahuan itu, Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng juga menegaskan, mahasiswa lama atau HMJ yang melanggar ketentuan yang dimaksud akan dikenakan sanksi sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku di Unsyiah.

“Karena itu, kami minta semua mahasiswa patuh terhadap peraturan ini. Jangan sampai ada lagi mahasiswa yang terkena sanksi akibat menggelar ospek atau kegiatan semacamnya,” ungkap Rektor Unsyiah.(rel/jal) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id